10 Cara Diet Sehat yang Mudah Dilakukan

Banyak orang yang sangat berhasrat untuk memiliki ukuran tubuh yang ideal. Sehingga, berbagai cara pun dilakukan untuk menurunkan atau menjaga berat badan agar selalu normal. Bahkan, tidak jarang dan tidak sedikit mereka yang melakukan cara-cara instan untuk mendapatkan keinginan tersebut, seperti dengan melakukan sedot lemak, ataupun dengan meminum obat-obatan, yang akhirnya dapat menyebabkan efek samping yang berbahaya.

Ada pula orang yang melakukan diet secara ketat, yang kemudian malah membuatnya tubuhnya kekurangan gizi. Karena, biasanya orang yang melakukan diet untuk mendapatkan tubuh yang ideal juga akan mengurangi konsumsi karbohidrat seperti nasi. Padahal, nasi merupakan salah satu bahan makanan yang menjadi sumber energi bagi tubu. Oleh karena itu, ada baiknya memilih untuk melakukan cara diet sehat yang lebih tepat.

Banyak cara untuk melakukan diet sehat, tanpa harus mengorbankan tubuh hingga kekurangan gizi. Bahkan, beberapa diet sehat juga bisa dilakukan dengan sangat mudah dan sederhana, sehingga tidak akan menyulitkan bagi orang-orang yang melakukannya. Asalkan saja cara-cara tersebut benar-benar dilakukan dengan tepat. Berikut ini ada 10 cara diet sehat yang mudah dilakukan, dan bisa menjadi tips bagi Anda yang ingin tubuh ideal.

  1. Kenali tubuh sendiri
    Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenali tubuh Anda sendiri. Setiap tubuh memiliki kapasitas dan kemampuan yang berbeda-beda. Dengan cara itu, Anda akan bisa mengetahui kebutuhan tubuh Anda sendiri, dan lalu menyediakan asupan energi yang sesuai.
  2. Makan dengan porsi yang teratur
    Porsi makanan yang Anda konsumsi setiap hari, sangat menentukan dalam cara diet sehat yang sedang Anda lakukan. Selain itu, jadwal makan Anda juga harus dibuat secara teratur. Jangan pernah makan di atas jam 7 malam, karena akan membuat energi menumpuk di tubuh.
  3. Jangan lupa sarapan pagi
    Walaupun Anda sedang melakukan diet, sarapan pagi tetap dibutuhkan. Dengan porsi sarapan pagi yang cukup, akan sangat membantu untuk tersedianya kebutuhan asupan kalori sepanjang hari tersebut, sehingga Anda tidak perlu menu besar pada saat makan siang.
  4. Perbanyak konsumsi buah dan sayur
    Buah dan sayur biasnaya mengandung lebih banyak serat yang sangat bermanfaat bagi tubuh, terutama pada saat proses pencernaan berjalan. Menurut Journal of the American Dietetic Association tahun 2006, rata-rata orang langsing memakan lebih banyak serat.
  5. Banyak minum air putih
    Meminum air putih dalam jumlah yang cukup untuk tubuh, yaitu minimal dua liter per hari, juga dapat membantu dalam mendapatkan ukuran tubuh yang ideal. Tapi, jangan pula mengonsumsi air dingin, karena dapat membuat lemak mengendap di dalam tubuh.
  6. Konsumsi makanan bebas gula
    Dalam tips untuk diet sehat ini, Anda juga harus membiasakan diri mengurangi makanan yang banyak mengandung zat gula. Cobalah untuk mengonsumsi makan tanpa gula selama dua minggu, maka nafsu makan Anda akan terus berkurang secara berangsur-angsur.
  7. Gosok gigi setiap hari
    Selain dapat membuat gigi Anda jadi jauh lebih bersih, waktu makan Anda juga akan lebih teratur dengan mengingat untuk menggosok gigi setiap hari, terutama setelah selesai makan. Selain itu, cara ini juga bisa membuat Anda cepat untuk berhenti makan secara perlahan.
  8. Berolahraga secara rutin
    Jika Anda memang benar-benar ingin diet, maka kegiatan olahraga menjadi salah satu โ€œmenuโ€ wajib setiap harinya. Selain untuk menjaga kebugaran dan kesehatan, dengan berolahraga tubuh Anda akan terus bergerak, sehingga kalori tidak menumpuk di dalam tubuh.
  9. Kontrol emosi
    Seringkali orang melampiaskan perasaan sedihnya dengan makan dalam porsi yang besar, terutama para wanita. Oleh karena itu, Anda harus membiasakan diri untuk mengontrol emosi.
  10. Jangan pernah bertindak ekstrim
    Ada pula orang yang nekat tidak makan selama berhari-hari, hanya agar bisa jadih lebih kurus. Padahal, cara ini sangatlah salah, karena akan membuat tubuh lemas dan menjadi sakit.



3 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge