11 Tempat Wisata di Tasikmalaya yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Tahukah kamu, ada banyak tempat wisata di Tasikmalaya yang harus di kunjungi. Sebagaimana yang kita ketahui bersama, Tasikmalaya merupakan bagian dari Jawa Barat yang letaknya 106 km sebelah timur dari kota Bandung. Meskipun baru saja ditetapkan sebagai kota pada 2001 lalu, namun kota ini menyimpan banyak surga tersembunyi yang harus kita eksplore.

Tempat wisata di tasikmalaya bermacam macam, ada wisata alam, wisata religi, wisata air maupun wisata kuliner. Bingung kan mau pergi kemana dulu?. Sobat gak perlu khawatir, karena pada edisi kali ini kita akan menyuguhkan obyek-obyek wisata yang menarik, yang ada di Tasikmalaya ini.

 

1# Gunung Galunggung, gunung berapi yang menyimpan sejuta pesona dan sejuta misteri.

Sebagai salah satu gunung berapi di Tasikmalaya, ternyata Gunung Galunggung memiliki daya tarik yang cukup kuat, baik bagi warga sekitar maupun dari luar. Salah satu obyek wisata yang paling ramai dikunjungi adalah Kawah dan pemandian air panas.

Sejak tahun 1982 Gunung Galunggung dibuka untuk umum, awal nya gunung ini hanya di jadikan tempat pendakian bagi sejumlah komunitas pecinta alam. Secara bertahap akhirnya tempat ini dikembangkan menjadi tempat wisata.

Gunung-Galunggung-tasikmalaya

 

#2. Tonjong Canyon, Green Canyon mini dari Tasikmalaya.

Salah satu tempat wisata di Tasikmalaya yang cukup unik adalah Tonjong Canyon. Obyek wisata yang satu ini memiliki pesona alam yang mengagumkan. Kondisi tepian sungai dengan air yang tenang serta di kelilingi tebing-tebing, rasanya seperti berada di Green Canyon Amerika.

Tempat ini juga cocok disebut mini green canyon, karena tebing-tebing nya tidak setinggi Green Canyon yang asli. Meski begitu tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, apalagi di hari minggu. Kalau kamu ingin puas menikmati keindahan Tonjong Canyon, sebaiknya datang pada hari biasa saja.

green canyon tasikmalaya

 

#3. Curug Deng-deng, Air terjun yang artistik dan bernilai seni tinggi.

Tempat wisata di Tasikmalaya yang mempesona selanutnya masih seputar curug. Nama curug ini cukup unik yaitu “Deng-Deng”, meskipun kalau di plesetin nama nya mirip mirip makanan, tapi jangan salah air terjun ini memiliki keindahan yang bertingkat tingkat.

Aliran air yang tenang di curug ini membuat siapa pun yang memandang, akan terhipnotis dan ingin rasa nya segera menceburkan diri untuk merasakan kesegaran air nya. Hutan dengan pepohonan hijau yang mengelilingi tempat ini, semakin membuat pikiran terasa damai dan tenang.

Curug Deng Deng

 

#4. Pemandian Air Panas Ciawi, tempat rekreasi sekaligus tempat terapi yang mujarab.

Ingin rekreasi tapi sekaligus ingin badan jadi sehat, jangan khawatir ada kok tempat nya. Sobat bisa datang ke tempat pemandian air panas Ciawi. Untuk rute yang bisa kamu tempuh, jika dari arah Bandung menuju Tasikmalaya, di pertigaan nagrek sobat bisa ambil rute ke Ciawi, tempat pemandian air panas nya ada di rute menuju Ciawi tersebut.

Di akhir pekan dan hari libur tempat ini ramai pengunjung, baik dari dalam maupun luar kota. Tempat pemandian ini memiliki 2 jenis kolam, kolam air panas dan air dingin pada tiap bilik kamar mandinya. Jika setelah berendam sobat merasa lapar, tenang di sepanjang jalan banyak restoran yang menyediakan beraneka hidangan.

pemandian Air Panas Ciawi tasikmalaya

 

#5. Pantai Selatan Cipajutah, pantai dengan pemandangan yang eksotis.

Selain Pegunungan, Tasikmalaya juga menyimpan potensi wisata yang besar pada pantai-pantai nya. Salah satu nya Pantai Selatan Cipajutah. Pantai ini memiliki pemandangan yang eksotis. Untuk sampai ke kawasan ini, sobat harus melewati Kawalu, Sukarata, Cibalong dan Karang nunggal. Sebaik nya menggunakan mobil pribadi jika ingin berwisata ke tempat ini, karena kendaraan umum belum 24 jam.

Pantai Selatan Cipatujah tasikmalaya

 

#6. Kampung Naga, memegang teguh adat istiadat dan kebudayaan leluhur

Bagi sobat yang ingin berwisata budaya, khusus nya di wilayah Tasikmalaya, sobat bisa datang ke kampung naga. Desa ini masih sangat tradisional dan memegang teguh adat istiadat dan kebudayaan leluhur nya. Sobat bisa liat mulai dari bangunan sampai keseharian warga kampung Naga masih sangat tradisional. Untuk sampai ke Kampung Naga, kamu bisa melewati jalur utama Garut dan Tasikmalaya.

kampung Naga tasikmalaya

 

#7. Situ Gede, Danau pelepas lelah dan tempat rekreasi

Tempat wisata alam sekaligus tempat hiburan di Tasikmalaya bisa sobat dapat kan di Situ Gede. Situ memiliki arti danau alam, sedangkan Gede arti nya besar, jadi Situ Gede adalah Danau alam yang besar. Luas danau ini sekitar 47 hektar.

Situ Gede adalah ikon wisata dari kota Tasikmalaya. Di tempat ini selain danau yang luas, juga sudah di sediakan fasilitas olahraga seperti jogging track, dan juga fasilitas hiburan seperti wahana rekreasi, area memancing, perahu sepeda dan sebagai nya. Hari sabtu dan minggu situ ini ramai pengunjung.

tempat wisata tasikmalaya situgede

 

#8. Masjid Agung Manonjaya, saksi bisu sejarah kota Tasikmalaya

Masjid Agung Manonjaya berjarak 12 km dari pusat kota Tasikmalaya. Masjid ini di bangun pada tahun 1832 di jaman Kerajaan Sukapura, yang di pimpin oleh Raden Tumenggung Danuningrat, yang merupakan cikal bakal berdiri nya kota Tasikmalaya.

Masjid ini sering di kunjungi oleh para pendatang, yang ingin mengenal lebih jauh tentang Tasikmalaya atau yang ingin berziarah.

Masjid Agung Manonjaya tasikmalaya

 

#9. Teejay Waterpark, wahana air terbaru yang ada di Tasikmalaya

Selain obyek wisata alam dan pantai, Tasikmalaya juga punya tempat wisata air, Teejay Waterpark. Wahana air ini terbilang baru, berada di  komplek Asia Plaza tepat nya di jalan Hz Mustofa.

Teejay waterpark dibangun di atas lahan seluas 28 hektar, tersedia banyak wahana di tempat ini, seperti kolam arus, kolam ombak, tube slider. Gazebo. Jika sobat lapar setelah asyik bermain air, di sini juga sudah ada food court. Untuk harga tiket masuk sekitar Rp 20.000 pada weekday dan Rp 30.000 pada weekend.

Teejay Waterpark tasikmalaya

 

#10 Wahana Air Taman Mamgkubumi Indah, berenang bersama alam

Wahana air ini sedikit berbeda konsep nya dengan wahana air pada umumnya. Di kawasan Wahana Air Taman Mangkubumi Indah ini tersedia kolam renang untuk anak-anak maupun dewasa. Keunikannya adalah berbagai wahana yang tersedia di tempat ini suasananya alami.

Hanya di tempat ini sobat bisa merasakan sensasi berenang dengan suasana perbukitan dengan hawa yang sejuk. Di tempat ini juga tersedia fasilitas lain seperti flying fox, sepeda air, gazebo, panggung hiburan, hotel dan juga gedung khusus untuk meeting.

Wahana Air Taman Mangkubumi Indah

 

#11. Water Splash Indihiang, waterpark lainnya yang ada di Tasikmalaya

Waterpak di Tasikmalaya ternyata cukup banyak, tentunya ini menjadi keuntungan sendiri bagi masyarakat setempat karena memiliki banyak pilihan alternatif untuk tempat rekreasi. Waterpark Splash Indihiang adalah salah satu nya.

Waterpark ini berada di jalan.Brigjen Wasita Kusuma, Indihiang. Di dirikan pada tahun 2009 silam, tempat ini dilengkapi dengan wahana kolam khusus balita, kolam arus, whirl pool, flying fox, trampolin, ember tumpah, bahkan ATV dan point ball juga tersedia.

 



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge