Khasiat Tanaman Cantik Manis Untuk Kesehatan

Nama lokal : cantik manis (Jawa). Nama latin : Portulaca grandiflora, dari Famili Portulaccaceae. Tanaman hias ini bisa tumbuh baik di dataran rendah maupun daerah pegunungan, terutama pada tanah yang kaya akan sumber mineral. Berbunga pada bulan Juni-September, bisa dipanen sepanjang tahun. Tumbuhan merayap ini panjang batangnya 20-40 cm.

tanaman-cantik-manis

Memiliki akar serabut, batangnya sukulen bersisik halus warna hijau. Daunnya tunggal berbentuk jarum berisi air, warna hijau. Bunganya tunggal, keluar di ketiak daun, warna merah muda atau merah keunguan. Buahnya bulat telur warna hijau dan bijinya kecil-kecil warna coklat muda.

Tanaman ini tersedia di penjual tanaman hias. Bagian yang digunakan untuk obat : Seluruh bagian tanaman (segar ataupun kering).

Khasiat tanaman cantik manis :Anti nyeri, anti radang, dan anti bengkak. Herba ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi sakit kepala dan luka memar.

Resep sederhana :

  1. Sakit kepala : 60 g tanaman segar dicuci, direbus dengan 400 ml air, selama 15 menit, saring, airnya diminum sekaligus.
  2. Luka memar : 50 g daun dan batang segar dicuci bersih, lalu ditumbuk halus dan ditempelkan pada bagian yang sakit, kalau perlu ditutup dengan perban atau kain yang basah.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge