3 Objek Wisata Unik di Indonesia

wisata unikIndonesia sangat terkenal dengan keindahan alamnya. Ada banyak lokasi yang menjadi objek wisata menarik di negeri. Bahkan, hampir setiap provinsi di Tanah Air memiliki objek wisata unik masing-masing, dengan kelebihan yang berbeda-beda pula. Sehingga, tempat-tempat wisata tersebut wajib dikunjungi oleh para penikmat hobi jalan-jalan. Bahkan, hampir setiap saat, selalu saja ada turis mancanegara yang datang berlibur ke Nusantara.

Makanya, sangat mengherankan juga jika sebagian rakyat Indonesia malah memilih berlibur di luar negeri. Padahal, negerinya sendiri memiliki banyak objek wisata unik, yang sangat pantas untuk dikunjungi. Terkadang, sering juga wisatawan lokal yang kebingungan mau berlibur kemana di Indonesia, karena hanya mengetahui beberapa lokasi wisata saja. Sebagai tambahan referensi, berikut ini ada tiga objek wisata yang bisa menjadi pilihan.

  1. Air Panas Dendang (Bangka Belitung)
    Keunikan objek wisata ini ada pada tujuh mata air panas yang dimilikinya. Hebatnya, ketujuh mata air panas itu menghasilkan kadar panas yang berbeda, yang kemungkinan besar disebabkan oleh gesekan bebatuan di sekitarnya. Bagi Anda yang ingin berlibur ke objek wisata Air Panas Dendang yang berada di Kecamatan Kelapa,Kabupaten Bangka Barat ini, bisa menikmati mandi sauna dengan sumber air panas yang alami. Selain itu, pemerintah kabupaten setempat juga menjadi lokasi ini sebagai tempat wisata pemancingan. Karena, di sekitar sungai yang dialiri oleh sumber air panas tersebut memiliki banyak udang kecil berwarna kemerahan. Uniknya, udang-udang tersebut tetap bisa bertahan di dalam air panas yang bercampur dengan air sungai. Jadi, jika Anda ingin berlibur ke Air Panas Dendang, sebelum mandi sauna, sempatkan terlebih dahulu untuk memancing.
  2. Pantai Pemuteran (Bali)
    Selama ini, mungkin kita lebih banyak tahu Pantai Kuta atau Pantai Sanur yang ada di Pulau Bali. Padahal, masih banyak lagi pantai lainnya di pulau Dewata itu, yang memiliki keindahan yang tak kalah menarik dibanding kedua pantai yang sudah meng-internasional itu. Salah satu pantai di Bali yang juga wajib dikunjungi adalah Pantai Pemuteran. Keunikan pantai ini terletak pada pasirnya yang berwarna hitam, berbeda dengan pantai kebanyakan lainnya.Selain itu, karena pantai ini berlokasi di sebelah utara Pulau Bali dengan menghadap ke Laut Jawa, tepatnya sekitar 55 km arah barat kota Singaraja dan 30 km dari Gilimanuk, membuat ombaknya sangat kecil dan jarang. Sehingga, kondisi pantai ini pun sangat sunyi. Apalagi, pantai ini juga jauh dari keramaian, terbukti sangat sulitnya menemukan kafe, restoran, atau bar di sekitar pantai ini. Ditambah lagi dengan dilarangnya pedagang asongan di pantai ini.Dengan kondisi yang seperti itu, Pantai Pemuteran ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menemukan kedamaian di tengah-tengah liburan, atau sedang berbulan madu. Keunikannya juga ditambah dengan keindahan bawah laut di sekitar pantai ini, yang banyak ditumbuhi oleh berbagai jenis terumbu karang yang ada di Indonesia. Bahkan, keindahan bawah lautnya itu pun pernah mendapatkan penghargaan tingkat dunia pada bulan November 2003 silam.
  3. Pulau Segajah (Kalimantan Timur)
    Objek wisata unik yang satu ini memiliki pasir yang bersih dan air lautnya yang jernih, sehingga Anda bisa melihat langsung dasar lautnya yang dihuni oleh banyak bintang laut. Selain itu, lucunya, objek wisata yang berlokasi di Bontang Kuala, kota Bontang ini hanya bisa dikunjungi pada siang hingga sore hari. Pembatasan jam berkunjung ini dilakukan, karena Pulau Segajah memang hanya ada pada waktu-waktu tersebut.

Ketika air laut surut pada siang hari, pulau kecil ini memang akan muncul ke permukaan, dan kemudian akan hilang kembali ditutupi oleh air pasang yang mulai naik pada sore hari. Oleh karena itu, wisatawan yang ingin jalan-jalan ke lokasi ini benar-benar harus datang dan pulang tepat waktu. Untuk bisa sampai ke Pulau Segajah ini, Anda dapat menyewa perahu dari Bontang Kuala dan menempuh perjalanan sekitar 20 menit.



4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge