4 Ritual dan Tradisi Unik di Bali yang Wajib Kamu Lihat

omed omedan

Bali adalah salah satu andalan wisata yang dimiliki oleh Indonesia. Pulau kecil yang ada di sebelah timur dari Pulau Jawa ini menyimpan banyak sekali pesona. Tidak hanya pantai dan tempat wisata eksotisnya saja. Bali juga memiliki cukup banyak ritual dan tradisi yang unik dan cocok untuk disaksikan.

Kalau Anda ingin melakukan perjalanan ke Bali dalam waktu dekat, ada baiknya mempersiapkan segalanya dengan matang. Lakukan riset terkait dengan tempat wisata yang akan dikunjungi termasuk beberapa ritual menarik di bawah ini.

1. Omed-Omedan

Tradisi omed-omedan hanya dilakukan di Desa Sesetan kawasan Denpasar Selatan. Sehari setelah Nyeri, tradisi ini dilakukan dengan mempertemukan kelompok remaja pria dan wanita yang belum menikah. Umumnya mereka akan melakukan tarik-tarikan dan juga sesekali adegan ciuman. Tradisi ini tetap dilestarikan karena wujud dari suka cita.

2. Mekare-Kare

Masyarakat Hindu di Bali sangat menghormati dewa yang mereka miliki. Salah satu cara untuk menghormatinya adalah dengan melakukan mekare-kare atau perang pandan. Tradisi ini dilakukan dengan saling memukulkan pandan yang berduri. Luka di punggung adalah hal biasa karena akan diberi obat tradisional.

Acara mekare-kare diikuti oleh banyak orang khususnya pria. Mereka akan melakukannya selama 2 hari pada sore hari di bulan Juni. Oh ya, dewa yang dihormati pada tradisi ini adalah Dewa Perang atau Dewa Indra.

3. Gebug Ende Seraya

Tradisi ini dilakukan untuk meminta hujan. Singkatnya tradisi perang rotan merupakan ritual untuk meminta hujan saat terjadi kemarau yang panjang. Dua orang pria akan mengikuti tradisi ini dengan saling berperang dengan rotan sepanjang 1,5-2 meter. Prosesi ini akan dilakukan hampir setiap tahun, kalau bulan Oktober-November hujan belum juga turun, warga akan segera melakukan ritual ini.

4. Ngaben

Tradisi unik di Bali terakhir yang sangat unik dan menyedot banyak perhatian banyak orang bahkan sampai dari negara lain adalah Ngaben. Tradisi bakar mayat ini dilakukan tidak setiap hari dan hanya kalau ada orang yang meninggal. Umumnya Ngaben dilakukan oleh bangsawan kerajaan mengingat tradisi ini membutuhkan banyak dana.

Ngaben terdiri dari berbagai ritual. Umumnya akan ada pawai yang dilakukan oleh puluhan dan ratusan orang. Selanjutnya jenazah yang kadang tinggal tulangnya dibakar dengan berbagai benda yang mereka sukai saat masih hidup.

Kalau Anda ingin menikmati semua ritual atau tradisi unik dari Bali, ada baiknya untuk menginap selama beberapa hari di sini. Hotel di Bali jenisnya ada banyak mulai dari yang mewah seperti bintang 4 atau lima hingga bujet. Kalau Anda ingin booking hotel murah yang fasilitasnya cukup lengkap, ada baiknya memesan melalui aplikasi Airy.

Semua hotel yang bisa dipesan dari aplikasi Airy memiliki spesifikasi yang kurang lebih sama. Lokasinya berada di kawasan yang cukup strategis. Selain itu, hotel juga memiliki jaringan yang luas dan fasilitasnya sangat lengkap. Ada jaminan tujuh fasilitas standar yang terdiri dari AC, televisi LCD, air minum dalam kemasan, kasur nyaman dan bersih, akses internet nirkabel, pancuran air hangat, dan perlengkapan mandi.

airy

Pemesanan hotel pada aplikasi itu juga mudah. Anda cukup mengunduhnya dari ponsel yang melalui Play Store atau App Store. Selanjutnya segera pesan sesuai dengan kebutuhan. Jika sudah menemukan yang sesuai, segera lakukan bayar melalui transfer bank di Indonesia atau menggunakan kartu kredit.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge