5 Bahan Alami untuk Merawat Rambut

merawat rambut secara alamiRambut ibarat sebuah mahkota bagi kepala kita, begitulah banyak pakar penata gaya mengistilahkannya. Dengan rambut yang bagus, hitam mengkilat dan tertata rapi, tentunya akan membuat penampilan setiap orang akan menjadi lebih menarik. Selain itu, rambut yang bagus juga akan meningkatkan rasa percaya diri bagi si pemiliknya. Apalagi, jika rambutnya memang terawatt dengan baik, sehingga tidak pernah mengalami penyakit rambut.

Untuk merawat rambut sehingga menjadi sehat dan bagus, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Selama ini, kita mungkin hanya mengenal shampoo sebagai obat untuk rambut agar bisa tumbuh subur dan terawatt dengan baik. Padahal, selain itu masih banyak lagi cara lain untuk merawat keindahan rambut, misalnya dengan menggunakan bahan-bahan alami. Berikut ini ada lima bahan alami yang bisa Anda coba gunakan dengan mudah.

  1. Tanaman lidah buaya
    Ada banyak masalah yang biasanya dapat menyebabkan pertumbuhan rambut menjadi tidak normal dan lambat, seperti kurangnya nutrisi dan vitamin rambut. Jika selama ini Anda mengatasinya dengan menggunakan vitamin untuk rambut, maka sekarang coba bahan alami yang jauh lebih murah dan mudah dilakukan. Yaitu, memanfaatkan tanaman lidah buaya.  Untuk melakukannya, ambil dua pelepah lidah buaya, kemudian kupas dan cuci sampai bersih. Selanjutnya, setelah berkeramas pada sore hari, gosokkan isi pelepah lidah buaya tadi pada kulit kepala. Lalu, bungkus dengan kain, dan keesokan harinya bilas dengan air. Lakukan cara ini setiap hari selama tiga bulan untuk menyuburkan rambut Anda.
  2. Daun dan batang bandotan
    Tanaman bandotan ternyata juga bisa membuat rambut lebih sehat dan terlihat indah. Untuk mendapatkan manfaatnya tersebut, Anda bisa melakukan perawatan rambut dengan menggunakan daun dan batang bandotan segar. Sebelumnya, kedua bagian dari tanaman tersebut harus dicuci hingga bersih terlebih dahulu, dan kemudian ditumbuk hingga halus. Selanjutnya, hasil tumbukannya itu dioleskan ke seluruh kulit kepala dan rambut. Kemudian, tutup kepala Anda dengan selembar kain, dan diamkan hingga sekitar 2-3 jam. Jika sudah selesai, lalu bilas rambut Anda dengan air hangat, dan berkeramas sampai bersih. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan cara merawat rambut ini sekali dalam 1-2 minggu.
  3. Jeruk purut
    Kebanyakan laki-laki biasanya menggunakan minyak rambut untuk membuat rambutnya menjadi wangi dan terlihat indah. Padahal, bahan tersebut dapat berakibat tidak baik pada kesehatan rambut. Oleh karena itu, sekarang cobalah menggunakan bahan alami untuk mewangikan rambut dengan jeruk purut, yang bisa dilakukan laki-laki maupun para wanita.  Ambil satu buah jeruk purut yang sudah masak, dan dicuci sampai bersih. Kemudian, parut dan campurkan dengan satu sendok makan air bersih. Selanjutnya, campurannya itu diremas dan disaring untuk mendapatkan cairannya saja untuk digosokkan pada rambut setelah melakukan keramas. Lakukan cara ini secara teratur dan rutin setiap hari.
  4. Jeruk nipis dan daun kecubung
    Banyak orang bermasalah dengan ketombe. Untuk mengatasinya, bisa dengan cara menggunakan bahan-bahan alami. Salah satunya, dengan jeruk nipis yang sudah dipotong menjadi 2-4 bagian. Caranya, gosokkan ke kulit kepala, biarkan sampai mengering beberapa lama, kamudian baru dibilsa. Selain itu, bisa juga memanfaatkan 2-3 lembar daun kecubung segar yang telah dicuci. Selanjutnya, tumbuk sampai halus, dan gosokkan pada kulit kepala.
  5. Biji pepaya dan minyak kelapa
    Bahan alami yang yang satu ini digunakan untuk merawat rambut agar tidak banyak tumbuh uban. Caranya, ambil 30 gram biji pepaya matang yang telah disangrai, lalu haluskan hingga menjadi bubuk, dan tambahkan satu sendok makan minyak kelapa. Selanjutnya, campuran tersebut diaduk merata dan dioleskan pada rambut. Setelah didiamkan sekitar 1-2 jam, bilaslah sampai bersih. Jangan lupa lakukan cara ini seminggu sekali.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge