5 Bahan Makanan Alami Penangkal Sinar UV dan Mencegah Penuaan Dini

makanan-alami-untuk-awet-muda

Sinar UV A dan UV B menjadi salah satu penyebab utama kerusakan pada kulit. Untuk itu, pemakaian tabir surya amat disarankan bagi setiap orang yang sehari-harinya  kegiatan di luar ruangan. Selain membuat kulit tampak kusam, efek samping dari sinar UV ini adalah memicu terjadinya penuaan dini. Pigmentasi yang tidak merata hingga kanker kulit pun turut menjadi momok bagi mereka yang banyak beraktivitas di bawah panas matahari tanpa proteksi.

Selain perlindungan dari luar, ada baiknya kita menjaga kesehatan kulit dari bahaya sinar UV dari dalam. Kita tidak akan membicarakan suplemen atau obat kecantikan dengan harga selangit, namun bahan-bahan makanan yang ada di sekitar kita yang selain mudah ditemukan, juga mudah didapat sebab harganya yang miring. Cantik tidak harus mahal. Memperbanyak konsumsi makanan di bawah ini menjadi bentuk pembentengan diri dan perbaikan kulit dari dalam. Coba rutinkan, ya!

  1. Tomat

Buah berwarna merah ini ternyata amat bermanfaat bagi kulit bila banyak dikonsumsi. Warna merah dari tomat berasal dari likopen yang merupakan antioksidan yang baik bagi kulit untuk melawan efek samping dari paparan sinar UV. Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat dari buah tomat adalah dengan memakannya secara langsung tanpa diolah terlebih dulu.

  1. Semangka

Satu lagi buah berwarna merah yang baik dimakan untuk menjaga kulit dari bahaya yang diberikan sinar UV. Seperti halnya tomat, semangka juga mengandung likopen dan juga kaya akan vitamin C serta kolin. Selain kaya manfaat, buah satu ini juga manis dan menyegarkan.

  1. Wortel

Beralih ke golongan sayuran, ada wortel yang dikenal sarat akan kandungan vitamin A atau betakarotennya. Kandungan tersebut amat diperlukan kulit untuk melakukan regenerasi sel kulit. Jika anda tak tertarik untuk mengonsumsi wortel dalam keadaan mentah, merebusnya sebentar terlebih dahulu juga bisa menjadi alternatif. Mulai sekarang, perbanyak porsi wortel yang dicampur sebagai bahan sup, ya!

  1. Bawang putih

Anda mungkin sudah pernah mendengar tentang manfaat bawang putih bagi kecantikan. Golongan rempah satu ini memang dapat membantu melawan radikal bebas dengan kandungan allicin yang ada di dalamnya. Dan memakan beberapa siung bawang putih yang sudah dikupas dan dibersihkan dalam keadaan mentah adalah cara terbaik untuk mendapatkan manfaatnya.

  1. Cokelat hitam

Cokelat hitam atau dark chocolate menjadi yang paling sedikit diminati sebab rasanya yang kurang manis dibanding jenis cokelat lain. Namun, hal itu adalah karena campuran dalam biji cokelatnya paling sedikit, tak seperti cokelat putih yang tinggi pemanis yang bahkan masuk dalam golongan permen. Coklat hitam kaya akan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan yang amat bermanfaat bagi kulit. Selain itu, jenis cokelat ini juga lebih menyehatkan.

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge