5 Bahaya Malas Cuci Muka Sebelum Tidur

Setiap wanita selalu ingin tampil cantik. Namun di samping upayanya melakukan perawatan ini-itu dengan membeli rangkaian produk ini-itu, ada hal-hal buruk yang masih mereka lakukan yang justru menjegal langkah mereka sendiri untuk bisa tampil sempurna. Salah satunya adalah tak membersihkan muka terlebih dulu sebelum tidur.

Kebiasaan buruk berupa tidur dengan kotoran dan riasan yang masih menempel di wajah merupakan hal fatal yang dilakukan para wanita yang mengaku ingin memiliki tampilan yang flawless. Pasalnya, resiko yang ditimbulkan sangatlah merugikan. Simak ulasannya dan benahi diri bila anda masih melakoni kebiasaan ini.

  1. Jerawat

Hal yang sulit dihindarkan dari kebiasaan tidur malam tanpa membersihkan wajah terlebih dahulu adalah tumbuhnya jerawat. Ini disebabkan karena di malam hari, bahan-bahan yang menempel pada kulit diserap oleh pori-pori, tak terkecuali bahan kimia serta kotoran yang tidak dibersihkan. Selain kemunculan satu – dua biji jerawat di wajah, bruntusan atau jerawat kecil yang tumbuh menggerombol juga bisa terjadi. Jadi jika anda mengalami masalah bruntusan yang tak kunjung selesai, kebiasaan tidak membersihkan wajah dengan benar sebelum tidur di malam hari mungkin menjadi penyebabnya.

  1. Bibir gelap

Tidur dengan masih membiarkan lipstik menempel membuat bahan kimia yang menjadi unsur dari lipstik terserap oleh kulit bibir. Akibatnya, lama kelamaan warna bibir menjadi lebih gelap dan tampak kurang menarik. Kondisi bibir yang berwarna gelap juga akan menyulitkan anda dalam memilih warna lipstik. Selain itu, cara untuk memerahkannya kembali juga terbilang sulit.

  1. Infeksi mata

Jika anda tertidur dengan keadaan belum membersihkan eyeliner serta maskara yang menempel, besar kemungkinan bahwa anda akan mengucek mata sebangun dari tidur atau bahkan saat tertidur. Hal ini beresiko menimbulkan terjadinya infeksi akibat adanya bahan kimia yang masuk ke dalam mata. Ketika mengalami infeksi, mata akan memerah, bengkak, berair, serta terasa tidak nyaman.

  1. Kulit jadi lebih kering

Riasan yang menempel di wajah selama anda tidur akan menghalangi proses regenerasi sel kulit yang mengakibatkan tidak adanya pergantian atau pembaharuan bagi sel kulit yang sudah mati. Akhirnya, kulit jadi kering dan tampak kusam. Kondisi ini akan menyulitkan riasan untuk menempel di wajah.

  1. Penuaan dini

Hal yang paling menjadi momok bila anda terus membiasakan pergi tidur tanpa membersihkan riasan di wajah terlebih dulu adalah terjadinya penuaan dini alias munculnya tanda-tanda penuaan di usia yang lebih awal, meliputi kerutan serta flek hitam. Siapa sih yang mau mengalami penuaan dini? Hal tersebut menjadikan anda tampak lebih tua dari yang semestinya, serta menuntut anda untuk melakukan upaya ekstra ketika berusaha menyempurnakan tampilan wajah dengan makeup.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge