5 Cara Mudah dan Praktis Menghitamkan Rambut dengan Bahan Alami

awet-muda

Orang Indonesia mayoritas terlahir dengan warna rambut hitam pekat. Namun seiring bertambahnya usia dan berbagai kegiatan yang dilakukan, warna hitam dari rambut bisa memudar menjadi kusam atau memerah. Kondisi ini terkadang membuat seseorang jadi terlihat kurang sehat dan terawat, apalagi jika disusul dengan keadaan rambut yang bercabang lagi mudah patah.

Paparan panas matahari menjadi salah satu alasan yang menyebabkan rambut kehilangan warna hitam alaminya. Untuk mengembalikannya ke warna semula, banyak orang yang memilih menggunakan semir rambut yang mengandung bahan kimia. Padahal, ada cara alami lagi mudah yang bisa dilakukan tanpa perlu mengelurakan banyak biaya. Bila diamalkan secara kontinyu, warna hitam pada rambut berkemungkinan akan terus bertahan meski sudah memasuki usia senja. Penasaran? Simak rangkuman berikut!

1. Masker Lidah Buaya
Lidah buaya memang selalu dikaitkan sebagai solusi dari hampir segala masalah rambut. Untuk membuat rambut tampak lebih hitam dan sehat, penggunaan masker lidah buaya pun dapat menjadi alternatif. Caranya cukup dengan mengaplikasikan gel bening dari lidah buaya yang sudah dihaluskan pada rambut kepala dan mendiamkannya selama tiga puluh menit. Setelah itu, bilas rambut sampai bersih dan ulangi cara tersebut dengan rutin hingga warna rambut semakin gelap.

2. Oles dengan Minyak Kemiri
Selain membuat rambut lebih tebal dan kuat, minyak dari biji kemiri juga dapat menjadikan rambut lebih hitam. Gunakan minyak kemiri untuk memijat kulit kepala sekaligus untuk melembabkan rambut. Perawatan ini bisa dilakukan setiap hari sampai kondisi rambut yang hitam didapatkan. Selain menggunakan minyak kemiri, minyak alami dari buah zaitun juga bisa menjadi pengganti.

3. Gunakan Biji Pepaya
Tahukah anda bahwa biji-biji hitam yang berlimpah dari buah pepaya yang sudah masak amat bermanfaat bagi rambut? Untuk membuat rambut anda tampak lebih hitam, anda hanya perlu mengumpulkan biji-biji pepaya yang berwarna hitam allu menyangrainya. Setelah itu, tumbuklah hingga halus dan campur dengan sedikit air untuk membentuk masker. Terapkan pada rambut secara merata dan diamkan selama dua jam sebelum dibilas dengan air.

4. Rendam dengan Teh Hitam
Teh hitam selain kaya akan vitamin ternyata juga dapat membantu menjadikan rambut anda tampak lebih hitam. Yang harus dilakukan adalah menyeduh teh sekitar tiga gelas atau menyesuaikan dengan panjang rambut anda, kemudian menggunakan air seduhan teh yang sudah didiamkan hingga panasnya hilang tersebut untuk merendam rambut. Bila dilakukan secara rutin, rambut bisa jadi lebih sehat dan hitam.

5. Rendam dengan Air Kopi
Bila anda memiliki persediaan kopi hitam di rumah, tak ada salahnya untuk memanfaatkan bahan tersebut sebagai penghitam rambut. Caranya pun mudah. Cukup seduh kopi lalu diamkan hingga panasnya hilang. Setelah itu, saring ampasnya lalu gunakan airnya untuk merendam rambut.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge