5 Cara untuk Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

mengatasi rambut rontok secara alamiRambut yang lebat dan berwarna hitam, baik pada laki-laki maupun pada perempuan, tentunya akan dapat menambah daya tarik seseorang. Selain itu, keberadaan “mahkota” bagi setiap orang tersebut juga bisa meningkatkan kepercayaan diri untuk tampil dimana saja. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut, agar terus terlihat lebat dan berkilau. Jangan sampai Anda mengalami, misalnya masalah rambut rontok.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan rambur rontok. Beberapa di antaranya, seperti faktor stres, pola makan yang tidak baik, kurangnya nutrisi untuk rambut, karena polusi, mengonsumsi sejumlah obat, mengecat rambut, hingga berbagai jenis penyakit. Jika Anda mengalami masalah, maka harus segera ditangani sedari dini dengan mengatasi rambut rontok secara alami, sebelum menimbulkan masalah serius, seperti kebotakan.

Sebenarnya, ada cara cepat untuk mengatasi masalah rambut rontok ini, yaitu dengan menggunakan bahan-bahan kimia. Tapi, cara instan tersebut bisa mengakibatkan efek samping, yang bahkan dapat semakin memperparah masalah pada rambut kita. Oleh karena itu, disarankan untuk memakai cara dan bahan alami untuk mengatasi rambut rontok, selain juga karena tidak banyak mengeluarkan biaya. Berikut ini beberapa yang bisa dilakukan.

  1. Mengoleskan lidah buaya pada kulit kepala
    Tanaman lidah buaya sudah sejak dahulu dikenal sebagai bahan alami yang sangat bagus untuk menyuburkan rambut. Selain itu, tanaman ini juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh rambut. Untuk menggunakannya, ambil sepotong daging tanaman lidah buaya, dan oleskan pada kulit kepala secara teratur setiap hari sampai berhasil.
  2. Menggunakan ramuan daun Seledri
    Daun seledri juga banyak mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesuburan rambut, seperti vitamin A dan B, hingga kalsium, natrium, dan zat besi. Semua kandungan itu juga bermanfaat untuk menstimulasi pertumbuhan rambut agar lebih sehat dan kuat. Oleh karena itu, gunakanlah ramuan daun seledri ini dengan mengoleskannya pada kulit kepala.
  3. Keramas dengan teh hijau
    Dengan membalurkan dua kantong teh hijau hangat pada rambut dan kulit kepala, diyakini dapat mengatasi rambut rontok secara alami. Teh hijau memang dikenal mengandung banyak antioksidan. Zat tersebut juga berguna untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Setelah dioleskan pada kulit kepala, jangan lupa diamkan satu jam, lalu bilas hingga bersih.
  4. Menggosok kulit kepala dengan jus
    Ramuan jus dari bahan salami ternyata juga bisa menyuburkan rambut. Anda dapat membuatnya dari bahan bawang putih, bawang merah, hingga berupa jus jahe. Kemudian, gosok cairan jus tersebut ke kulit kepala. Biarkan hingga satu malam, dan lalu cuci sampai bersih keesokan paginya. Coba lakukan cara ini secara rutin setiap minggu, dan lihat hasilnya.
  5. Memijat Kulit Kepala
    Memijat bagian kulit kepala diketahui dapat membantu sirkulasi darah di kepala Anda agar menjadi lancar. Dengan cara ini, folikel rambut bisa tetap aktif dalam memproduksi rambut, sehingga masalah kerontokan rambut bisa dihindari. Untuk memberikan rasa nyaman pada kulit kepala, tambahkan pula beberapa tetes minyak esensial lavender atau almond, ataupun minyak wijen, saat Anda melakukan pijatan pada bagian kulit kepalat tersebut. Setelah melakukan beberapa cara untuk mengatasi rambut rontok secara alami di atas, jangan lupa juga untuk mengingat beberapa larangan, seperti tidak mengikat rambut terlalu kuat, karena akan menarik dan melemahkan akar rambut. Selain itu, terlalu sering melakukan keramas dengan shampo juga dapat mengikis minyak alami yang dihasilkan oleh kulit kepala. Padahal, minyak alami tersbeut sangat berguna untuk melindungi rambut.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge