5 Objek Wisata Andalan Sumatera Barat

Objek wisata di Sumatera Barat sangat terkenal dengan keindahan alamnya yang sangat menakjubkan, dan menjadi salah satu lokasi liburan favorit di Indonesia. Ada banyak lokasi wisata yang bisa dinikmati oleh para pelancong. Bahkan, pilihan wisata di daerah ini juga terbilang lengkap, mulai dari wisata alam, wisata budaya, hingga wisata kuliner. Berikut ini ada lima objek wisata andalan Sumatera Barat yang wajib Anda kunjungi jika ingin berlibur.

  1. Danau Singkarak
    Danau terluas kedua di Sumatera setelah Danau Toba di Sumatera Utara ini dapat dicapai dengan perjalanan darat sekitar satu jam dari Kota Padang. Perjalanan terdekat itu melewati Kabupaten Solok. Belakangan, Danau Singkarak semakin terkenal berkat lomba balap sepeda tingkat internasional yang diberi nama sama dengan danau ini, yaitu Tour de Singkarak. Setiap tahun, Tour de Singkarak digelar dengan mengelilingi sejumlah daerah di Sumatera Barat, termasuk juga mengitari sebagai wilayah Danau Singkarak. Setiap pelakanaan ajang tersebut, banyak sekali wisatawan mancanegara yang beradatangan ke Sumatera Barat, dan singgah untuk berlibur ke danau yang juga terkenal dengan ikan endemiknya, ikan bilih ini.
  2. Danau Maninjau
    Inilah danau berikutnya yang terluas di Sumatera Barat. Danau Maninjau menarik karena pemandangannya yang sangat menakjubkan, karena dikelilingi oleh banyak bukit. Bahkan, salah satu bukit di sekitar danau ini dijadikan sebagai lokasi untuk olahraga paralayang, dimana pelaku olahraga tersebut akan bisa menikmati keindahan danau dari ketinggian.Selain itu, Danau Maninjau juga menjadi wisata andalan Sumatera Barat berkat sejumlah tokoh nasional yang dilahirkan di desa sekitar danau ini, seperti Mohammad Hatta dan Buya Hamka. Berlokasi sekitar 36 kilometer dari Kota Bukittinggi, Anda akan melewati jalan berkelok-kelok yang dikenal dengan Kelok 44 (kelok ampek-ampek) untuk bisa mencapainya.
  3. Jam Gadang
    Bangunan ini menjadi salah satu ikon terpenting dalam pariwisata Sumatera Barat. Menara jam yang terletak di tengah-tengah Kota Bukittinggi ini memiliki sejarah yang sangat panjang. Menurut catatan sejarah, jam besar yang terpasang pada Jam Gadang merupakan kembaran dari jam Menara Big Ben London, yang dihadiahkan Ratu Belanda pada zaman penjajahan.Saat itu, bangunan Jam Gadang digunakan sebagai benteng oleh Belanda untuk memantau pergerakan pasukan pribumi. Sedangkan, di zaman sekarang, Anda akan bisa menyaksikan keindahan Kota Bukittinggi yang dikelilingi oleh Gunung Marapi, Gunung Singgalang, dan Gunung Sago, serta Ngarai Sianok dari puncak menara Jam Gadang ini.
  4. Air Terjun Lembah Anai
    Sama seperti Jam Gadang, lokasi ini juga merupakan objek wisata andalan Sumatera Barat. Terletak di pinggir jalan raya Padang – Bukittinggi, dalam wilayah Kabupaten Tanah Datar di perbatasan antara Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Padang Panjang, Air Terjun Lembah Anai selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, termasuk juga mereka yang singgah.Lembah Anai sendiri merupakan kawasan konservasi cagar alam yang sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Cagar Alam Lembah Anai ini memiliki kawasan hutan lindung yang terdiri atas hutan tropis yang lebat, dengan beraneka jenis flora dan fauna. Di tengah-tengah hutan rimba tersebut, juga terdapat tiga air terjun dan satu telaga yang airnya berwarna biru.
  5. Pulau Cubadak
    Pulau ini berada di Kabupaten Pesisir Selatan, wilayah paling ujung di selatan Sumatera Barat, berbatasan langsung dengan Provinsi Bengkulu dan Provinsi Jambi. Pulau Cubadak mulai terkenal sejak masuk dalam film dokumenter yang dibuat oleh salah satu stasiun televisi dari Jerman, sehingga banyak diketahui oleh orang-orang Eropa.

Semua itu berkat promosi yang dilakukan oleh Mr Nanni, seorang warga negara Italia, yang menyewa pulau tersebut kepada pemerintah kabupaten setempat dan mengelolanya dengan sebuah resort. Pulau Cubadak yang tidak berpenghuni itu sendiri memang sangat indah. Alam bawah lautnya juga sangat menarik untuk diving, sehingga banyak dikunjungi turis asing.



One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge