5 Tips Ampuh Mencegah Jerawat Muncul di Kulit Wajah

Memiliki wajah yang bersih mulus tanpa ternodai jerawat merupakan impian setiap gadis. Namun, seringkali kehadiran jerawat menjadi hal yang tak terelakkan. Banyak orang yang jadi pasrah-pasrah saja membiarkan wajahnya terus ditumpangi jerawat, kemudian melakukan pemencetan pada jerawatnya untuk menghilangkannya. Akhirnya setelah jerawat pergi, ia meninggalkan noda yang awet membekas di wajah.

Meski merupakan salah satu jenis masalah kulit yang paling umum menyerang, bukan berarti anda bisa memasrahkan diri untuk membiarkan jerawat bercokol di wajah. Ada cara yang akan membuat jerawat menjauh, dan membiarkan wajah anda tetap bersih berseri. Tertarik? 5 Tips berikut akan mewujudkannya untuk anda.

1. Jaga kebersihan wajah
Jerawat terbentuk sebab adanya reaksi antara sebum dan bakteri penyebab jerawat pada wajah yang kotor, untuk itu pastikan anda selalu mencuci muka secara rutin untuk menjaga kebersihan wajah serta mengangkat kelebihan minyak di wajah, menggunakan produk pencuci muka yang cocok untuk kulit dan yang memiliki formula antibakteri. Meski begitu, anda tak disarankan untuk mencuci wajah lebih dari dua kali dalam sehari karena dapat memicu produksi minyak yang makin tidak terkontrol. Anda bisa menggunakan blotting paper atau kertas penyerap minyak untuk wajah apabila di pertengahan hari minyak terasa membanjiri wajah.

2. Lakukan double cleansing
Metode double cleansing atau pembersihan ganda adalah bentuk pembersihan kulit wajah dengan pengulangan. Kali pertama adalah untuk mengangkat sisa makeup, yang kedua adalah pembersihan menyeluruh. Double cleansing dilakukan satu kali dalam sehari, yang baiknya diterapkan di penghujung hari sebelum istirahat malam. Double cleansing bisa dikerjakan dengan menggunakan satu jenis produk pembersih yang sama untuk dua kali tahap pembersihan, bisa juga dengan menggunakan produk yang berbeda.

3. Jaga kebersihan tangan
Selain kebersihan wajah, kebersihan tangan juga penting untuk dijaga. Sebab, tangan seringkali menjadi media perantara kotoran dan bakteri untuk berpindah ke wajah. Untuk itu, pastikan anda selalu mencuci tangan sampai bersih terlebih dahulu sebelum menyentuhkan tangan ke wajah.

4. Pilih pelembab wajah yang tepat
Menjaga kelembaban wajah merupakan hal yang penting. Namun, jika dilakukan dengan penggunaan pelembab yang salah, yang ada jerawat akan bercokol di wajah. Selain menyesuaikan dengan jenis kulit anda, pastikan produk yang dipilih tak mengandung bahan yang dapat menyumbat pori-pori atau yang biasa disebut komedogenik.

5. Gunakan produk khusus
Bila wajah anda sensitif atau mudah terpicu untuk menumbuhkan jerawat, maka penggunaan produk-produk khusus untuk mencegah kemunculan jerawat bisa ada pertimbangkan. Adapun jenis produk yang bisa dipilih yaitu yang memiliki kandungan AHA, BHA, serta salicylid acid. Produk ini bisa berupa pelembab wajah sehari-hari, krim tambahan untuk menutrisi wajah, atau sabun pencuci muka.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge