5 Tips Kecantikan Ini Wajib Diketahui Mereka yang Berhijab dan Ingin Berhijab

Bagi para perempuan muslim, berhijab menjadi hal yang sakral dalam menunjukkan ketaatannya. Selain membungkus rambutnya, perempuan yang berhijab juga menutup bagian leher, dada, dan hanya membiarkan kulit bagian wajah serta punggung tangannya saja yang terbuka. Ini merupakan suatu keuntungan tersendiri dalam sisi kecantikan, sebab mereka jelas lebih terlindung dari bahaya sinar UV yang mengancam.

Meski begitu, masih ada masalah stereotip yang menimpa mereka yang berhijab. Baik tentang area kulit yang masih dibiarkan terbuka, juga rambut yang selalu terikat dan tertutup. Memutuskan berhijab bukan berarti berhenti mengabaikan penampilan dan perawatan diri. Untuk itu, tips ini dihadirkan bagi para perempuan yang berhijab agar lebih terawat dan percaya diri.

1. Tetap gunakan tabir surya agar kulit tidak belang
Memiliki warna kulit yang lebih gelap di bagian punggung tangan serta area wajah depan adalah ciri khas tersendiri bagi mereka yang berhijab. Namun, hal ini tak perlu selalu terjadi. Bila penggunaan tabir surya atau sunscreen pada bagian kulit yang terbuka selalu dirutinkan, maka pigmentasi berlebih tidak akan terjadi. Keuntungan bagi mereka yang berhijab adalah mereka tak perlu menghabiskan terlalu banyak tabir surya dalam sekali pemakaian, sebab area kulit yang terbuka tidak banyak.

2. Pakai serum untuk meratakan warna kulit
Adanya perbedaan warna kulit wajah dengan bagian kulit di dekat telinga sesamar apapun terkadang tak terelakkan. Namun, tak perlu khawatir. Kehadiran produk serum bisa membantu mengatasi masalah tersebut. Gunakan serum sebelum memakai pelembab dan sebelum tidur malam, maka warna kulit akan berangsur-angsur cerah dan merata.

3. Rutinkan membersihkan wajah untuk cegah jerawat
Datangnya jerawat bagi perempuan yang berhijab terkadang disebabkan oleh bakteri atau sisa deterjen atau parfum yang menempel di kain hijabnya. Untuk itu, pembersihan wajah secara rutin perlu diupayakan. Khususnya bagi yang memiliki kulit sensitif atau mudah terserang jerawat, jangan terbiasa menyentuhkan kain hijab pada wajah dengan sembarangan.

4. Rawat rambut dengan benar
Sedikit-banyak rambut tetap membutuhkan waktu untuk bernafas. Selama anda berada di rumah atau kamar, biarkan rambut terurai. Selain itu, beri perawatan maksimal dengan pemilihan sampo dengan kandungan bahan alami yang tepat. Penggunaan kondisioner mungkin akan bermanfaat untuk memberi nutrisi tambahan pada rambut. Dan yang terpenting, selalu pastikan rambut anda dalam keadaan kering sempurna sebelum memasang hijab agar tak menimbulkan bau, gatal pada kepala, hingga ketombe.

5. Pilih hijab yang tepat
Dengan maraknya aneka jenis hijab yang diproduksi, pastikan anda banyak menggunakan hijab dari kain yang dapat menyerap keringat serta dapat membiarkan rambut anda bernafas. Anda juga perlu memperhatikan jenis dalaman kerudung yang dipilih, pastikan nyaman dipakai. Selain itu, model hijab yang praktis dan tidak bertumpuk-tumpuk juga lebih disarankan agar tidak memicu tumbuhnya ketombe.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge