5 Tips Obat Sakit Kepala Secara Alami

mengobati sakit kepala secara alamiSetiap orang bisa mengalami sakit kepala kapan saja, terutama ketika otak dan mata terlalu lelah akibat aktifitas yang terlalu padat dan kurangnya waktu untuk beristirahat. Sebagian orang ada juga yang memang memiliki penyakit yang selalu muncul pada bagian kepala, seperti sakit kepala migraine. Tetapi, biasanya penyebabnya sama saja, yaitu karena kelelahan otak dan mata, serta kurangnya waktu istirahat ketika menjalankan aktifitas padat.

Ketika sakit kepala ini datang, maka akan membuat diri kita merasa sangat tersiksa. Bahkan, semua pekerjaan dan aktifitas pun akan terganggu, karena kita terpaksa harus mengistirahatkan mata dan otak, serta juga membaringkan tubuh sejenak, agar bisa rileks kembali. Itupun terkadang belum tentu bisa langsung menghilangkan rasa nyeri di kepala. Oleh karena itu, mungkin ada baiknya juga mencoba obat sakit kepala secara alami.

Selama ini, kebanyakan orang mungkin akan meminum obat penghilang nyeri ketika mengalami sakit kepala. Di apotik memang banyak tersedia obat penghilang nyeri, seperti asam mefenamat yang terkandung dalam obat Mefinal, yang biasanya juga diminum untuk menghilangkan rasa nyeri akibat sakit gigi. Tapi, jika terlalu sering meminum obat-obatan kimia seperti ini, akan dapat menyebabkan efek samping dalam jangka waktu yang lama.

Oleh karena itu, jika masih bisa ditahan, maka sebaiknya sembuhkan sakit kepala Anda dengan cara membaringkan dan mengistirahatkan otak dan mata sebentar. Dengan cara tersebut, tentunya tidak aka nada efek samping yang akan muncul di kemudian hari. Selain itu, Anda juga bisa mengatasinya dengan alternatif cara lain, tanpa harus menelan obat sakit kepala. Nah, berikut ini ada lima tips obat sakit kepala secara alami yang bisa dilakukan sebagai berikut :

  1. Kompres dengan air hangat atau dingin
    Melakukan perawatan dengan kompresan air hangat atau air dingin, ternyata bisa mengurangi rasa sakit kepala. Caranya, letakkan saja kompresan air hangat tersebut di atas kepala, tepat di mana sakit kepala itu terasa, dan biarkan selama 15 menit. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kompresan air dingin dan menggantinya setiap lima menit sekali sampai selama 20 menit. Lakukan cara tersebut hingga rasa nyeri akibat sakit kepala tersebut hilang.
  2. Pengobatan akupuntur
    Meski harus dilakukan dengan bantuan ahli terapi, atau dipelajari dengan benar terlebih dahulu, pengobatan akupuntur cukup efektif mengobati sakit kepala secara alami. Tapi, pengobatan ini harus dilakukan dalam beberapa kali perawatan untuk bisa mendapatkan penyembuhan yang sempurna. Selain dapat mengurangi rasa sakit kepala, pengobatan akupuntur ini juga efektif untuk menurunkan tensi darah yang tinggi akibat sakit kepala.
  3. Minum air putih
    Ketika Anda sedang mengalami sakit kepala, cobalah minum air putih. Selain itu, meminum air putih minimal tujuh gelas dalam sehari juga bisa meningkatkan kualitas hidup para penderita sakit kepala migrain. Manfaat cara ini sudha terbukti berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh University of Masstricht di Belanda. Para penelitia dari kampu tersebut menemukan fakta bahwa meminum 1,5 liter air dapat mengurangi sakit kepala hingga 21 jam.
  4. Mengonsumsi peppermint
    Peppermint memang sudah lama diketahui banyak orang bisa digunakan sebagai obat tradisional yang efektif untuk menyehatkan tubuh. Dan ternyata, mengonsumsi peppermint juga bisa mengurangi rasa sakit kepala, dengan cara melancarkan saluran pencernaan. Pencernaan yang terganggu memang dapat menyebabkan sakit kepala. Selain itu, minumĀ  teh peppermint hangat juga mampu menyembuhkan sakit kepala akibat flu pada hidung.
  5. Minum kopi
    Kafein juga diyakini banyak orang bisa menjadi obat sakit kepala secara alami, karena dapat mengurangi rasa nyeri akibat sakit kepala. Jadi, jika Anda sedang sakit kepala, mungkin bisa meminum kopi yang banyak mengandung zat kafein ini. Bahkan anehnya, orang-orang yang terbiasa minum kopi, malah bisa sakit kepala jika tidak meminumnya dalam sehari saja.

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge