5 Tips untuk Berhenti Merokok

Merokok dapat merusak kesehatan dan menyebabkan berbagai macam penyakit. Sejumlah bahaya yang akan ditimbulkan oleh rokok, sebenarnya sudah tercantum pada kemasan rokok. Tetapi, ternyata peringatan tersebut tetap saja tidak mengurangi angka konsumen rokok di Indonesia. Bahkan, jumlah pecandu rokok setiap tahunnya terus bertambah dan meningkat, seiring dengan pertumbuhan industri rokok yang semakin pesat di negeri ini.

Padahal, selain tidak baik untuk kesehatan, merokok juga dapat merugikan orang lain. Karena, asap rokok yang dihembuskan kembali keluar dari mulut atau hidung para perokok, biasanya akan terhirup oleh orang lain yang berada di sekitarnya, apalagi jika mereka merokok di tempat-tempat umum. Bahkan, keluarga sendiri pun bisa terancam bahaya dari rokok. Jika Anda salah seorang perokok, maka usahakanlah untuk membuang kebiasaan itu.

Sebenarnya, banyak juga pecandu rokok yang ingin sekali untuk berhenti dari keterikatannya terhadap rokok. Apalagi, mereka-mereka yang sudah mengerti tentang kandungan racun dari zat berbahaya dalam sebatang rokok tersebut, atau mungkin malah sudah pernah merasakan akibat dari merokok. Tapi, kebanyakan mereka masih belum mengetahui cara untuk bisa menghentikan kebiasaan tersebut. Berikut ini ada lima tips untuk bisa berhenti merokok.

  1. Mulailah dengan niat yang kuat
    Niat merupakan langkah awal bagi sebuah perubahan. Begitu pula jika Anda ingin meninggalkan kebiasaan merokok yang selama ini menjadi konsumsi sehari-hari. Meskipun Anda sudah melakukan banyak tips untuk menghentikan kecanduan dari rokok, tetapi tidak didasari dengan niat yang kuat, maka semua usaha itu suatu saat akan menjadi sia-sia, karena Anda bisa saja kembali terjerumus dalam pengaruh asap rokok. Maka, mulailah dari niat!
  2. Mengetahui bahaya merokok bagi kesehatan
    Dampak buruk rokok terhadap kesehatan sangat banyak, seperti menyebabkan kanker paru-paru atau penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) dan memperbesar resiko terkena serangan jantung. Bagi laki-laki, merokok juga dapat mengakibatkan terjadinya impotensi, sedangkan bagi ibu hamil dapat mengganggu kehamilan dan janin. Makanya, merokok tidak hanya akan merusak kesehatan Anda, tetapi juga berbahaya bagi kesehatan keluarga Anda dan orang lain.
  3. Memahami arti hidup sehat tanpa rokok
    Anda mungkin pernah membayangkan, atau mungkin juga merasakan, tergolek di rumah sakit karena sedang mengalami sakit. Pasti, sungguh sangat tidak enak, karena Anda tidak bisa melakukan apa-apa. Selain itu, menu makan Anda juga terbatas, dan ada banyak pantangan yang tidak boleh dilakukan. Jika sudah memahami hal tersebut, tentunya Anda akan sangat mensyukuri nikmat kesehatan yang Anda miliki. Maka, jagalah dengan berhenti merokok.
  4. Lakukan banyak kegiatan bermanfaat
    Melakukan banyak aktifitas, terutama di luar ruangan, akan cukup membantu Anda untuk menghentikan kebiasaan merokok. Karena, jika terlalu banyak waktu luang, maka biasanya seorang pecandu rokok akan mengisinya dengan menghabiskan berbatang-batang rokok. Oleh karena itu, isilah waktu Anda dengan kegiatan yang bermanfaat. Salah satunya, misalnya berolahraga. Selain untuk mengisi waktu luang, tubuh Anda juga akan lebih sehat.
  5. Cari penggantinya
    Banyak orang yang meskipun sudah melakukan berbagai macam tips untuk menghilangkan candu rokok, tetapi masih belum berhasil juga secara sempurna. Terkadang, masih muncul godaan untuk kembali menghisap rokok. Jika hal tersebut terjadi pada Anda, maka carilah pengganti rokok tersebut. Misalnya, Anda bisa menggantinya dengan menguyah permen karet. Tapi, jangan yang mengandung banyak gula buatan, karena bisa pula merusak gigi.

Nah, itulah beberapa tips untuk berhenti merokok yang bisa Anda coba terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jika Anda benar-benar ingin hidup sehat, maka mulailah tips tersebut dari sekarang. Jangan pernah menunda-nundanya lagi, karena nikmat kesehatan yang saat ini Anda rasakan, bisa hilang tiba-tiba hanya karena sebatang rokok. Selain itu, jika Anda sudah berhasil meninggalkan kebiasaan merokok, jangan pernah tergoda lagi untuk mencobanya.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge