7 Pantai Unik di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Indonesia yang merupakan negara kepulauan pastinya memiliki banyak pantai indah yang mengeliling pulau-pulau di seluruh Nusantara. Tapi, tidak jarang pantai-pantai yang memiliki keindahan yang sangat menakjubkan itu malah tidak banyak diketahui oleh orang Indonesia sendiri, sehingga masih jarang dikunjungi oleh wisatawan lokal. Berikut ini ada tujuh pantai unik di Indonesia yang wajib Anda kunjungi untuk berlibur.

  1. Pantai Tanjung Tinggi (Bangka Belitung)
    Pantai yang berada di Pulau Belitung, sekitar 30 kilometer dari pusat kota Tanjung Padan ini memiliki bebatuan granit berukuran besar yang berserakan di sepanjang pantai. Jika pernah menonton film Laskar Pelangi, maka pasti Anda sudah melihat keindahan dan keunikan Pantai Tanjung Tinggi ini. Selain menikmati batubatu raksa tersebut, Anda juga bisa menyaksikan pasirnya yang berwarna putih bersih dan air laut berwarna biru kehijauan.
  2. Pantai Siung (Yogyakarta)
    Keunikan pantai ini ada pada tebing-tebing karang yang mengelilinginya. Bagi Anda penyuka olahraga panjang tebing yang ingin melakoninya sambil berlibur di pantai, maka Pantai Siung yang berada di Gunung Kidul, Yogyakarta ini bisa menjadi pilihan. Terdapat sekitar 250 jalur pemanjatan yang siap untuk ditaklukkan. Sedangkan, pantainya sendiri memiliki pasir yang putih dan air laut yang biru jernih, sangat cocok untuk melakukan snorkeling.
  3. Segara Anakan (Jawa Timur)
    Lokasi ini sebenarnya merupakan sebuah laguna berwarna hijau yang berada di tengah-tengah lautan Samudera Hindia. Segara Anakan terletak di Pulau Sempu, dalam wilayah Kabupaten Sumbermanjing, Jawa Timur. Di sekelilingnya terdapat batu karang, yang membuatnya menjadi seperti terisolir. Laguna yang memiliki keindahan yang sangat menakjubkan ini selalu ramai dikunjungi oleh banyak wisatawan, meskipun sebenarnya bukanlah objek wisata.
  4. Pantai Moli Sahatu (Sulawesi Tenggara)
    Pantai unik di Indonesia ini benar-benar unik, karena memiliki ratusan mata air tawar meskipun berada di pinggir laut yang asing. Tidak heran jika Pantai Moli Sahatu ini dikenal juga dengan nama Pantai Mata Air Seratus. Untuk datang ke pantai yang terletak di Wakatobi, Sulawesi Tenggara ini, Anda bisa memulai perjalanan dari kota Kecamatan Wangi-wangi, menuju Desa Patuno yang membutuhkan waktu sekitar 60 menit dengan kendaraan bermotor.
  5. Pantai Temboko Lehi (Sulawesi Utara)
    Keistimewaan pantai yang satu ini lain lagi. Karena berada di kaki Gunung Api Karangetang, sehingga terdapat sumber air panas di sepanjang garis Pantai Temboko Lehi ini. Sehingga, Anda tidak akan menemukan satu pun ikan yang berenang di sekitar pantai yang berlokasi di
    Kampung Lehi, Kabupaten Sitaro, yang merupakan kabupaten kepulauan di ujung utara Pulau Sulawesi. Untuk mencapainya, naiklah kapal laut dari Pelabuhan Manado ke Pulau Siau.
  6. Pantai Tanjung Api (Sulawesi Tengah)
    Jika Pantai Moli Sahatu memiliki sumber air tawar dan Pantai Temboko Lehi memiliki sumber air panas, maka Pantai Tanjung Api jauh lebih hebat, karena terdapat sumber api di dalam pasirnya. Jika Anda menggali pasir di pantai ini hingga kedalaman 10 cm, maka akan ditemukan semburan api dari dalam pasir, yang akan terus menyala sampai lubang pasir itu ditutup kembali. Pantai ini terletak di Teluk Tomini, kawasan Cagar Alam Tanjung Api.
  7. Pantai Sulamadaha (Maluku Utara)
    Pantai unik di Indonesia ini memiliki air laut yang jernih bagaikan kaca, meskipun pasirnya tidak berwarna putih. Berkat kejernihan air laut di Pantai Sulamadaha ini, Anda dipastikan akan langsung takjub karena bisa melihat ikan-ikan cantik yang berenang di sekitar pantai ini, tanpa harus melakukan snorkeling. Anda bisa datang ke pantai yang terletak di Ternate, Maluku Utara ini, dengan menempuh perjalanan sekitar satu jam dari pusat Kota Ternate.

loading...
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge