8 Objek Wisata Sumatera Utara yang Sangat Menawan

Objek wisata pulau Sumatera tidak kalah indahnya dibanding dengan wilayah timur Indonesia yang sudah lama menjadi destinasi favorit wisatawan mancanegara, seperti Pulau Bali atau Lombok. Misalnya saja, Sumatera Utara yang merupakan salah satu provinsi dengan wilayah terluas di pulau yang dijuluki juga dengan nama Andalas ini. Di provinsi yang beribukotakan Medan tersebut, terdapat banyak sekali objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Bahkan, beberapa objek wisata Sumatera Utara tersebut, dahulunya juga pernah menjadi destinasi wisata utama di Indonesia, dan juga banyak dikunjungi oleh para turis asing untuk menghabiskan musim liburan mereka. Tidak sedikit pula beberapa lokasi wisata di Sumatera Utara yang mampu membuat Indonesia menjadi semakin terkenal di mata dunia, sebagai suatu wilayah yang memiliki keindahan alam yang tiada tara dan sangat menakjubkan.

Tidak heran jika setiap tahun selalu saja ada banyak wisatawan, baik lokal maupun dari luar negeri yang memilih berlibur di Sumatera Utara. Setelah menikmati berbagai pilihan wisata di Kota Medan, seperti wisata budaya, wisata sejarah, hingga wisata kuliner, biasanya mereka akan melajutkan ke daerah-daerah yang memiliki keindahan alam yang memukau. Berikut ini ada delapan lokasi yang bisa dijadikan sebagai pilihan untuk Anda berwisata nanti.

  1. Bukit Lawang
    Lokasi ini terletak di Desa Bahorok, Kabupaten Langkat, masuk dalam wilayah Taman Nasional Gunung Leuser yang langsung berbatasan dengan Provinsi Aceh. Tempat ini menjadi salah satu pusat rehabilitasi orang utan terbesar di Indonesia. Banyak orang utan yang diliarkan kembali di kawasan hutan ini. Makanya, wajar saja banyak turis asing yang datang.
  2. Air Terjun Dua Warna
    Air terjun ini memiliki keunikan pada warnanya. Terdapat dua sumber air terjun yang memiliki dua warna yang berbeda, walaupun berada di tempat yang sama. Sumber air terjun pertama berwarna biru muda seperti air jernih lainnya. Tapi, sumber air berikutnya malah berwarna putih keabu-abuan, karena adanya campuran fosfor dan belerang pada air tersebut.
  3. Berastagi
    Kota kecil ini sudah sejak lama dikenal sebagai daerah “Puncak”-nya di Sumatera Utara. Berada di ketinggian Kabupaten Tanah Karo, Berastagi memiliki hawa yang sejuk dan kota yang nyaman. Salah satu destinasi favorit di daerah ini adalah Bukit Gundaling, dengan pemandangan dua gunung tertinggi di Sumatera Utara, Gunung Sinabung dan Sibayak.
  4. Gunung Sibayak
    Berbeda dengan Gunung Sinabung yang lebih tinggi, Gunung Sibayak sudah menjadi gunung wisata, karena tidak terlalu tinggi sehingga dengan mudah dibangun akses jalan menuju puncaknya. Objek wisata Sumatera Utara yang masih memiliki kawah aktif ini banyak didaki oleh para pemula. Sedangkan, Gunung Sinabung merupakan gunung api aktif.
  5. Air Terjun Sipiso-piso
    Air Terjun ini juga berada di Kabupaten Tanah Karo, tepatnya di pinggir Danau Toba. Air Terjun Sipiso-piso berada di dataran tinggi Tongging, airnya jatuh hingga 120 meter, dan kemudian bermuara di Danau Toba. Dari atas, pemandangannya sungguh menawan. Untuk mencapai dasar air terjun ini, pengunjungnya harus menuruni ribuan tangga semen.
  6. Danau Toba
    Danau ini merupakan destinasi utama dalam pariwisata di Sumatera Utara. Bahkan, pada tahun 1990-an, Danau Toba juga menjadi objek wisata unggulan di Indonesia. Sebagai salah satu danau terluas di Asia Tenggara, Danau Toba memang memiliki keindahan yang sangat menakjubkan. Apalagi di tengah-tengahnya ada Pulau Samosir yang didiami orang Batak.
  7. Pulau Mursala
    Pulau tak berpenghuni ini masuk dalam wilayah Tapanuli Tengah. Lokasinya terletak di antara pantai di Pulau Sumatera dengan Pulau Nias. Perairan di sekitar pulau ini sering dijadikan lokasi untuk memancing. Selain itu, keunikan lain dari pulau Mursala adalah sebuah air terjun indah yang terdapat di tengah-tengah pulau kecil ini.
  8. Pantai Sorake
    Objek wisata Sumatera Utara yang satu ini sudah sangat terkenal di kalangan para peselancar dunia. Setiap tahun selalu banyak turis asing yang datang untuk menaklukkan ombak setinggi 7-10 meter yang ada di sepanjang Pantai Sorake ini. Oleh karena itu, sering pula diadakan kejuaraan surfing tingkat internasional di pantai yang berada di Pulau Nias ini.



6 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge