Akibat Dari Terlalu Sering Sakit Kepala

sering sakit kepalaNyeri di kepala merupakan salah satu keluhan yang sering sekali dialami bagi banyak orang. Penyebabnya juga beragam, mulai dari stres secara emosional, kelelahan, kekurangan cairan hingga adanya penyakit tertentu yang mendasari. Pada sebagian kasus, sakit kepala dapat sembuh dengan sendirinya. Mungkin anda akan merasakan sakit kepala ketika terkena influenza, demam atau karena infeksi virus lainnya, dan itu adalah hal wajar. Namun anda perlu waspada jika sakit kepala menyerang anda dengan intensitas yang terbilang sering. Hal tersebut bisa mengakibatkan masalah yang cukup serius sebagai tanda akan penyakit tertentu. Berikut ini akibat dari sering sakit kepala :

1. Gangguan Pembuluh darah otak, malformasi pembuluh otak
Jika anda sering sakit kepala yang muncul secara mendadak, dengan rasa yang cukup hebat, maka wajib anda waspadai. Hal ini bisa mengakibatkan anda mengalami gangguan pada pembuluh otak anda seperti stroke. Jika itu terjadi, anda akan mengalami sakit kepala yang disertai bagian muka dan anggota tubuh melemah, serta mati rasa. Selain itu, akibat dari sering sakit kepala juga menjadikan sering mengalami kejang-kejang, hingga tak sadarkan diri. Terlebih bagi anda yang memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi, diabetes mellitus, serta kolesterol darah tinggi.

2. Penyakit yang menjangkit otak
Sakit kepala yang sering terjadi dengan rasa yang menyiksa dan intensitas terus meningkat. Hal tersebut bisa menjadi gejala bahwa anda mengalami penyakit pada otak, seperti kanker otak ataupun tumor. Gejala tersebut bisa diikuti dengan gejala lain, mulai dari penurunan berat badan secara drastis hingga penurunan fungsi sensorik serta motorik.

3. Penyakit Infeksi
Sering mengalami sakit kepala juga bisa mengakibatkan anda mengalami infeksi sistematik yang disebabkan oleh virus, jamur ataupun bakteri. Sehingga mengakibatkan infeksi pada selaput otak atau meningitis, infeksi otak atau ensefalitis, infeksi pada paru-paru hingga HIV/AIDS. Jika sakit kepala anda diikuti gejala kejang atau kesadaran yang menurun, maka merupakan tanda terjadinya infeksi pada selaput otak dan infeksi otak. Sebaiknya segera lakukan pemeriksaan secara klinis untuk mengidentifikasinya dan dapat diatasi secara tuntas.

4. Gangguan Metabolisme dan Elektrolit pada Tubuh
Akibat dari sering sakit kepala yang lain yaitu bisa sebagai tanda atau gejala, bahwa di dalam tubuh anda terjadi perubahan yang sangat serius. Ini biasanya karena adanya gangguan pada metabolisme, serta gangguan elektrolit. Hal tersebut terjadi karena kekurangan oksigen (O2) atau kelebihan kadar karbon dioksida (CO2) di dalam darah. Dan biasanya dialami pada penderita yang kerap mendengkur saat tidur, dan mendaki gunung sampai ketinggian tertentu yang mempunyai kadar oksigen berbeda dari biasanya. Juga terjadi pada ibu hamil yang mengalami pre-eklampsia dan eklampsia serta hipertensi.

Demikian beberapa akibat yang bisa terjadi karena sakit kepala yang sering terjadi. Kenali sakit kepala anda dengan baik. Jangan sampai anda menganggapnya sepele karena bisa berakibat fatal bagi kesehatan. Semoga infromasi akibat dari sering sakit kepala di atas bisa bermanfaat.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge