Khasiat Tanaman Anggrek Kupu

Nama lokal : anggrek kupu (Jawa). Nama latin : Arundina chinensis dari famili Orchidaceae. Tumbuhan ini hidup tegak merumpun dengan tinggi 30-100 cm. Merupakan tumbuhan liar yang hidup di lereng-lereng gunung atau hutan, tapi tak jarang dibudidayakan sebagai tanaman hias. Memiliki akar serabut warna cokelat kekuningan, batangnya bulat beruas-ruas warna hijau kecokelatan. Daunnya tunggal, panjang seperti pita, berpelepah memeluk batang. Bunganya majemuk bentuk malai, bermahkota 5 helai warna putih kombinasi ungu. Buahnya berbentuk kapsul dengan biji berupa serbuk halus.

anggrek-kupu

Tanaman ini tersedia di penjual tanaman hias. Bagian yang digunakan untuk obat :Daun atau seluruh bagian tanaman (segar ataupun kering).

Khasiat anggrek kupu :Daun dan batangnya mengandung saponin, kardenolin, flavonoid, dan polifenol, mempunyai khasiat antiradang dan peluruh air seni. Sering digunakan untuk mengobati radang hati dan infeksi saluran kemih.

Resep sederhana :

  1. Radang hati : 60 g daun dan batang segar dicuci lalu direbus dengan 200 ml air selama 10 menit, saring, airnya diminum dua kali sehari pagi dan sore.
  2. Infeksi saluran kemih : 30 g daun anggrek kupu dicuci bersih kemudian direbus dengan 400 ml air selama 15 menit, saring, airnya diminum sekaligus. Lakukan sehari sekali setiap pagi.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge