Atasi Penyakit Ringan dan Penyakit Kulit Dengan Belimbing Wuluh

Belimbing WuluhBelimbing wuluh adalah buah yang sebenarnya adalah belimbing tapi memiliki bentuk mirip dengan labu atau yang dikenal orang jawa dengan nama wuluh. Oleh karena itu belimbing ini kemudian dinamai belimbing wuluh. Pohon dari belimbing wuluh ini juga menyerupai pohon belimbing seperti umumnya, mulai dari bentuk batang pohon, bentuk dan warna daun sampai bentuk dan warna bunganya. Hanya buahnya saja yang mengerupai buah abu atau wuluh. Belimbing wuluh memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita, baik untuk mengobati penyakit maupun juga untuk mencegah penyakit, oleh karena itu buah satu ini pantas untuk anda masukkan kedalam daftar tanaman yang harus ditanam di apotek hidup anda.

Kandungan yang dimiliki belimbing wuluh yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita adalah saponin, tanin, glukosid, kalsiumoksalat, sulfur, asam format, peroksida, dankaliumsitrat. Sedangkan manfaat dari belimbing wuluh bagi kesehatan kita diantaranya adalah menghilangkan rasa sakit, memperbanyakpengeluaranempedu, antiradang, danpeluruhkencing. Walaupun memiliki banyak manfaat yang bisa didapat dari belimbing wuluh untuk kesehatan anda, namun buah ini tidak disarankan bagi anda yang memiliki penyakit maagh karena hanya akan memperparah penyakit anda.

Khasiat belimbing wuluh yang pertama adalah untuk mengobati penyakit gondongan. Caranya adalah dengan menumbuk setengah genggam daun belimbing wuluh bersama 3 siung bawang putih dan menjadikannya sebagai obat oles atau obat kompres untuk daerah yang terkena penyakit gondongan. Kedua, belimbing wuluh juga bisa mengobati batuk yaitu dengan merebus daun, bunga dan buah belimbing wuluh dengan perbandingan yang sama hingga air mendidih. Setelah dingin saring dan minum airnya.

Bisa juga dengan cara merebus segenggam daun belimbing wuluh, segenggam bunga blimbing wuluh dan 2 buah belimbing wuluh bersama 2 gelas air dan dan gula batu hingga airnya tersisa 1 gelas. Saring airnya dan minum 2 kali sehari. Sedangkan untuk batuk rejan, ambil 10 buah belimbing wulu dan remas dengan 2 sendok air garam dan minumlah perasan airnya. Untuk batuk pada anak, campurkan segenggam bunga belimbing wuluh, beberapa butir adas, gula sesuai selera dan satu cangkir air putih kemudian masak dengan cara di tim. Setelah matang, saring airnya dan minum dua kali sehari sebelum makan.Penyakit lain yang bisa disembuhkan dengan belimbing wuluh adalah sariawan, caranya adalah dengan merebus 10 kuntum bunga belimbing wuluh dengan asam jawa, gula merah dan 3 gelas air hingga air tersisa ¾ nya, saring airnya kemudian minum 2 kali sehari. Selain itu, anda juga  bisa menyembuhkan sakit gigi dengan belimbing wuluh, yaitu dengan cara mengunyah 5 buah belimbing wuluh yang dicampur garam hingga sakitnya hilang, jangan lupa untuk mencuci culu belimbing wuluh sebelum anda kunyah.

Belimbing wuluh juga bisa digunakan untuk obat kecantikan, yaitu untuk menghilangkan jerawat yang umum menjadi masalah kulit bagi lelaki ataupun perempuan. Cara menghilangkan jerawat dengan belimbing wuluh yaitu dengan cara menumbuk beberapa buah belimbing wuluh sampai halus kemudian remas dengan sedikit garam dan gosokkan pada wajah. Selain itu belimbing wuluh juga bisa mengobati penyakit kulit lainnya yaitu panyakit panu. Caranya hampir sama dengan obat jerawat yaitu menumbuknya, tapi untuk obat panu, remas tumbukan belimbing wuluh dengan sedikit kapur sirih dan jadikan obat gosok dua kali sehari. Jangan lupa untuk mencuci belimbing waluh seblum ditumbuk.

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge