Beberapa Cara Alami Mengobati Hidung Tersumbat

hidung tersumbatHidung tersumbat, masalah yang satu ini sangat mengganggu aktifitas, terlebih jika hendak tidur. Karena hidung yang tersumbat dapat memberi efek pusing, pening, sulit mengeluarkan ataupun menarik ingus serta bicara menjadi tidak jelas. Bahkan tidak jarang penderita hidung tersumbat akan mengalami kesulitan tidur, karena saluran pernapasan yang terganggu. Hidung yang tersumbat terjadi karena terdapat lendir dalam jumlah berlebih pada rongga hidung. Penyebabnya juga macam-macam, seperti karena alergi, flu, adanya benda asing yang masuk, sehingga bisa memicu keluarnya lendir lebih banyak. Selain itu, bisa disebabkan karena aktifitas sehari-hari. Berikut beberapa cara untuk mengatasi hidung tersumbat :

1. Mandi Air Hangat
Cara pertama untuk mengatasi hidung tersumbat yakni dengan mandi air hangat. Cukup praktis dan menyenangkan bukan? Anda bisa melakukan pengobatan sambil bersantai di bathub, atau di bawah shower. Uap air dari air yang hangat ini dapat membantu mengencerkan lendir di rongga hidung, sehingga akan dengan mudah untuk dikeluarkan.

2. Penguapan (Steaming)
Dengan menghirup uap hasil dari air yang panas, mampu membantu meredakan hidung anda yang tersumbat. Caranya, tuangkan air panas secukupnya pada baskom yang lebih besar dari wajah anda, kemudian posisikan wajah anda tepat di atas baskom. Tutup kepala anda menggunakan handuk, ini berfungsi untuk mencegah banyak uap yang terbuang. Biarkan hidung anda selama beberapa menit menghirup uap dari air panas tersebut.

3. Mengkonsumsi Air Hangat
Cara mengobati hidung tersumbat yang satu ini sangat cepat dan praktis. Cara ini dapat membantu anda ketika terserang hidung tersumbat, dan tengah beraktivitas di luar rumah. Konsumsilah berbagai minuman hangat seperti susu hangat, kopi ataupun teh hangat dengan suhu di atas 30 derajat celcius. Atau dapat juga mengkonsumsi air hangat yang ditambah air jeruk dan madu. Cara ini berfungsi untuk menghangatkan tubuh serta melancarkan peredaran darah, sehingga dapat melegakan hidung anda yang tersumbat secara cepat.

4. Mengkonsumsi sup hangat
Anda juga bisa meredakan hidung yang tersumbat dengan mengkonsumsi semangkuk sup hangat. Cara mengobati hidung tersumbat ini cukup efektif. Sup hangat memiliki kandungan sistein yang berguna untuk mengencerkan lendir pada rongga hidung.

5. Berkumur dengan air garam
Siapkan segelas air hangat kemudian tambahkan garam sebanyak satu sendok makan, aduk hingga garam larut. Cara ini seperti membuat cairan oralit, namun tidak menggunakan gula, anda bisa mengatur banyaknya garam agar tidak terlalu asin di mulut anda. Gunakan minuman tersebut untuk berkumur.

6. Tidur terlentang dengan posisi bagian kepala lebih tinggi
Cara mengobati hidung tersumbat ini merupakan alternatif yang paling mudah dan tepat untuk dilakukan. Baringkan tubuh anda dengan posisi terlentang, posisikan kepala untuk lebih tinggi dari tubuh anda hingga setengah duduk. Gunakan dua bantal untuk mengganjal leher dan punggung anda.

Itulah beberapa cara mengobati hidung tersumbat yang bisa anda lakukan. Selamat mencoba dan semoga bisa membantu.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge