Beberapa Cara Mudah Mencegah Penyakit Usus Buntu

usus buntuPenyakit usus buntu terjadi karena adanya infeksi pada usus, atau disebut juga radang usus. Usus buntu bisa menimbulkan rasa yang sangat menyiksa. Usus buntu berperan untuk mempertahankan tubuh dari serangan berbagai penyakit. Dan letak usus buntu berada di bawah perut bagian kanan. Salah satu penyebab terjadinya usus buntu yaitu karena tidak dapat keluarnya makanan bersifat keras yang masuk ke usus buntu. Hal tersebut bisa mengakibatkan usus mengerut secara cepat sehingga akan mempermudah usus mengalami radang.

Gejala awal yang ditimbulkan adanya penyakit usus buntu yakni pusar terasa nyeri, kemudian bergerak hingga ke perut bagian kanan bawah, mual juga muntah, demam, kembung atau bengkak pada bagian perut, diare, kesulitan membuang gas serta hilangnya nafsu makan. Untuk terhindar dari penyakit ini tentu perlu adanya pencegahan. Ada beberapa cara untuk mencegah usus buntu, yakni :

1. Mengkonsumsi makanan tinggi serat
Menurut penelitian, membuktikan bahwa kasus penyakit usus buntu sangat jarang terjadi pada mereka yang memiliki sistem pencernaan yang lancar. Dan yang menjadi salah satu penyebab terjadinya radang pada usus buntu adalah feses yang menumpuk, sehingga mengakibatkan penyumbatan. Jadi dengan mengkonsumsi berbagai makanan yang memiliki kadar serat tinggi akan mengurangi resiko feses menjadi keras, dan dapat melancarkan sistem pencernaan. Makanan yang mengandung banyak serat terdapat pada berbagai sayuran, seperti wortel, buncis, kacang polong, kubis, tomat, aneka buah, gandum serta sereal.

2. Jangan membiasakan untuk membuang air besar
Ketika anda merasa ingin buang air besar, sebaiknya segerakan. Karena meski terlihat seperti hal sepele, namun ini bisa menyebabkan terjadi radang pada usus buntu. Jika ditahan akan mengakibatkan feses menumpuk serta mengeras, sehingga dapat terjadi penyumbatan pada usus dan pada akhirnya bisa meningkatkan resiko terjadinya radang usus buntu. Selain itu, hindari juga menahan membuang gas dari perut, karena bisa menyebabkan gangguan pada usus buntu.

3. Banyak mengkonsumsi air putih
Air putih memang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, selain untuk mengatasi maupun mencegah berbagai penyakit membahayakan lainnya, dengan mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari bisa mencegah terjadinya radang usus buntu. Jadi, jangan sepelekan hal ini. Mulai membiasakan diri untuk mengkonsumsi air putih dengan cukup setiap harinya agar terhindar dari penyakit usus buntu, juga penyakit lainnya. Terlebih bagi anda yang memiliki aktifitas duduk di depan layar komputer hingga berjam-jam, sebaiknya sediakan air putih di meja kerja anda.

4. Kenali gejala awal penyakit usus buntu
Cara mencegah penyakit usus buntu yang selanjutnya adalah dengan memahami setiap gejala awalnya. Apabila anda merasa gejala awal seperti kembung atau perut bengkak, dan sakit pada perut bagian kanan bawah, maka segera periksakan ke dokter agar mendapat penanganan lebih dini. Sehingga akan mengurangi resiko infeksi yang serius pada usus buntu. Jika usus buntu sudah meradang, anda harus melalui operasi untuk mengatasinya.

Semoga informasi cara mencegah penyakit usus buntu di atas bermanfaat.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge