Cara Alami Meredakan Sakit Kepala

Cara meredakan sakit kepala Sakit kepala, rasanya hampir semua orang pernah merasakannya. Nyeri pada bagian kepala ini cukup mengganggu aktivitas sehari-hari, terlebih bagi mereka yang diharuskan untuk berkonsentrasi tinggi. Sakit kepala itu sendiri terjadi karena berbagai hal. Misalnya seperti mengkonsumsi kafein terlalu banyak, melewatkan makan, dehidrasi, stres, hipertensi, kurang darah, kecapekan dan masih banyak penyebab lainnya.

Terdapat beberapa jenis sakit kepala, yakni sakit kepala cluster, sakit kepala migrain, vertigo, sakit kepala berkepanjangan dan lain sebagainya. Pengobatan dalam mengatasi setiap jenis sakit kepala tentunya terdapat perbedaan. Jadi, kenali dulu jenis sakit kepala yang diderita anda sebelum melakukan penanganan, sehingga sakit kepala bisa efektif untuk disembuhkan.

Pada dasarnya mengatasi sakit kepala cukup mudah. Dan di bawah ini ada berbagai cara alami yang bisa anda terapkan untuk meringankan rasa sakit kepala. Cara mengobati sakit kepala di bawah ini cukup praktis dan sederhana. Berikut penjelasannya :

1.    Perbanyak mengkonsumsi air putih
Dehidrasi atau kekurangan cairan merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan sakit kepala. Jadi, cara paling sederhana untuk mengatasi sakit kepala dapat dengan memperbanyak konsumsi air putih. Sebaiknya penuhi kebutuhan cairan anda setiap harinya, dengan membiasakan mengkonsumsi air putih minimal sebanyak 1 liter atau 8 gelas per hari. Sehingga anda dapat terhindar dari sakit kepala akibat dehidrasi.

2.    Mengkonsumsi kentang
Sakit kepala juga bisa disebabkan karena tubuh kehilangan elektrolit, seperti kalium. Dengan mengkonsumsi kentang dapat menjadi salah satu solusi secara alami untuk mengatasi sakit kepala. Ini karena kentang memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi. Cara terbaik dalam mengolah kentang untuk mengobati sakit kepala adalah dengan cara dikukus, bukan digoreng. Atau bisa juga dengan cara dibakar tanpa mengupas kulitnya.

3.    Memperbanyak makan pisang
Pisang merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan magnesium dan potasium. Magnesium yang terkandung pada pisang sangat baik untuk membantu mengurangi migrain yang menyerang anda. Jadi, ketika anda merasakan sakit kepala konsumsilah buah pisang untuk meredakannya.

4.    Memanfaatkan es batu
Mengkompres kepala anda menggunakan es batu juga mampu meredakan sakit kepala yang anda derita. Cara meredakan sakit kepala dengan es batu sangat sederhana, yakni bungkus beberapa potong es batu dengan menggunakan waslap atau handuk kecil. Lalu tempelkan pada bagian kepala anda yang terasa sakit.

5.    Makan permen mint
Kandungan mentol yang terdapat pada permen dapat menjadikan kepala anda terasa rileks, sehingga sakit kepala bisa teratasi dengan cepat. Anda juga bisa mengkonsumsi makanan atau minuman lain yang memiliki banyak kandungan mint.

6.    Mengkonsumsi Biji Wijen
Biji wijen mampu mencegah migrain, karena memiliki kandungan vitamin E yang berfungsi untuk menstabilkan estrogen di dalam tubuh. Selain itu, biji wijen juga mengandung magnesium yang dapat mencegah sakit kepala. Selain biji wijen, cara meredakan sakit kepala juga bisa dengan mengkonsumsi makanan lain yang mengandung magnesium. Misalnya seperti kacang-kacangan, gandum, minyak zaitun, dandelion, dan kentang manis.
Semoga bermanfaat.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge