Cara Mengatasi Radang Tenggorokan dengan Benar

Cara Mengatasi Radang TenggorokanCara Mengatasi Radang Tenggorokan – Radang tenggorokan merupakan salah satu gangguan mulut yang bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal yang salah satunya ialah menurunnya sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, bakteri dan kuman penyebab radang tenggorokan bisa membuat tenggorokan kita yang sehat menjadi sakit. Dan bahkan yang lebih parah lagi ialah bisa menyebabkan terjadinya radang tenggorokan akut.

Melihat gangguan tenggorokan yang satu ini harus cepat diatasi sebelum menjadi akut, tentu Anda membutuhkan cara mengatasi radang tenggorokan yang benar. Adapun cara mengatasi radang tenggorokan dengan benar bisa Anda simak melalui ulasan singkat berikut ini!

Dibawah ini ada beberapa cara mengatasi radang tenggorokan dengan benar yang bisa Anda lakukan. Adapun beberapa cara tersebut diantaranya:

Hirup Udara Lembab

Salah satu cara mengatasi radang tenggorokan ialah dengan menghirup udara lembab. Dalam hal ini, menghirup udara lembab bisa membuat radang tenggorokan cepat pergi karena mampu membersihkan lendir dan cairan yang membuat tenggorokan mengalami peradangan. Nah melihat hal ini cukup sederhana, maka langsung saja Anda mencari tempat lembab dan mulai menghirup udaranya hingga radang tenggorokan lebih enakan.

Kurangi Berbicara

Selain bisa menyebabkan rasa sakit, rupanya radang tenggorokan juga bisa membuat tenggorokan kita semakin iritasi jika dibuat berbicara. Untuk itu, cara mengatasi radang tenggorokan yang kedua ini ialah membatasi waktu bicara. Yang dimaksud dengan membatasi waktu bicara ialah, kita tidak boleh terlalu banyak bicara agar tenggorokan kita bisa istirahat.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Cara mengatasi radang tenggorokan yang ketiga ialah dengan rajin mengkonsumsi air putih. Dalam hal ini, air putih bisa membuat tenggorokan Anda yang kering menjadi lebih lembab sehingga bisa mengurangi rasa sakit yang diakibatkan luka pada tenggorokan. Selain itu, dengan rajin mengkonsumsi air putih juga bisa membuat Anda menjadi lebih rilek dan bisa bersantai seperti biasanya.

Hindari Konsumsi Rokok Dan Asap Rokok

Percaya atau tidak, ternyata merokok juga bisa menyebabkan radang tenggorokan menjadi lebih parah. Hal ini dikarenakan asap rokok yang panas bisa menyebabkan tenggorokan seperti terasa terbakar dan bisa membuat luka menjadi lebih lebar. Untuk itu hal terbaik yang bisa Anda lakukan ialah dengan menghindari asap rokok dan juga berhenti merokok.

Hindari Penggunaan Antihistamin

Jika Anda pernah memeriksakan diri ke dokter sebelumnya, tentu Anda akan diberi obat antihistamin sebagai salah satu cara cepat untuk mengatasi radang tenggorokan yang sedang Anda derita. Namun tahukan Anda bahwa penggunaan antihistamin sejatinya belum begitu ampuh untuk mengatasi radang tenggorokan. Hal ini mengingat fungsi dari antihistamin sejatinya ialah sebagai salah satu stimulus yang membuat otak kita terangsang untuk tidak merasakan sakit pada tenggorokan. Jika efek dari antihistamin ini hilang, tentu Anda akan merasakan radang tenggorokan seperti semula. Untuk itu ada baiknya mulai sekarang untuk berhenti menggunakan obat antihistamin ataupun kortikosteroid.

Nah itulah tadi beberapa cara mengatasi radang tenggorokan dengan tepat yang bisa Anda lakukan. Melihat beberapa cara di atas cukup mudah untuk dilakukan, tentu Anda bisa melakukannya dengan benar. Namun perlu Anda ingat, jika Anda sudah melakukan semua hal di atas, namun radang tenggorokan tak kunjung sembuh, ada baiknya bagi Anda untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat

 



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge