Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami

cara mengobati asam uratAsam urat merupakan penyakit yang menyerang tubuh pada bagian persendian tubuh, biasanya pada jari kaki, sendi jari tangan, pergelangan tangan, tumit serta bagian lainnya. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, namun biasanya menyerang para pria dengan usia 40 tahun ke atas. Atau jika pada wanita setelah menopause. Sakit yang ditimbulkan penyakit yang satu ini sangat hebat, seperti dapat menjadikan bagian tubuh yang terserang asam urat akan mengalami pembengkakan serta peradangan.
Penyebab terjangkitnya asam urat itu sendiri bermacam-macam, satu diantaranya yakni terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin. Zat purin inilah yang diubah menjadi asam urat di dalam tubuh. Untuk mengatasi asam urat bisa dengan cara medis, namun ada juga cara mengobati asam urat secara alami. Cara ini tentunya lebih murah dan dengan menggunakan bahan alami yang mudah dicari. Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan :

1. Cuka Sari Apel
Cuka apel ini bukan hanya mampu mengobati sakit kepala serta asam lambung, tapi juga mampu mengobati asam urat juga rematik. Kadar keasaman yang terdapat pada cuka apel yang bisa mengurangi rasa sakit yang diakibatkan oleh asam urat. Caranya yakni siapkan segelas air putih, kemudian tambahkan cuka sari apel yang mentah sebanyak satu sendok teh dan aduk hingga tercampur merata. Minum sebanyak dua hingga tiga kali per hari. Anda dapat mengkonsumsinya dengan ditambahkan madu agar dapat meningkatkan respon anti-inflamasi pada tubuh.

2. Jahe
Kandungan pada Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat baik untuk mengurangi rasa sakit, maupun peradangan akibat dari kelebihan asam urat. Salah satu cara mengobati asa urat secara alami dengan jahe yakni dengan membuatnya menjadi wedang jahe. Minumlah wedang jahe minimal satu kali untuk sehari. Selain itu, bisa juga dengan menambahkan jahe ke dalam masakan atau membuat pasta dengan bahan jahe. Caranya, haluskan jahe lalu campurkan dengan sedikit air. Oleskan pada bagian tubuh anda yang terserang asam urat dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Lakukan cara ini satu kali dalam sehari.

3. Mengkonsumsi Makanan Basah
Makanan yang dimaksud adalah jenis makanan yang memiliki sifat basah, seperti buah-buahan, biji-bijian dan berbagai sayuran. Perbanyak mengkonsumsi makanan tersebut sangat penting, karena dapat membantu mencegah adanya zat purin berlebih di dalam tubuh.

4. Mengkonsumsi Buah Ceri
Buah ceri berguna untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh, serta membantu membersihkan ginjal. Baik ceri yang manis maupun asam dapat membantu mengobati asam urat, karena memiliki antioksidan di dalamnya. Selain itu, terdapat kandungan anthocyanin pada ceri yang mampu mengurangi peradangan, dan membantu mencegah asam urat kembali kambuh. Anda dapat mengkonsumsinya langsung atau dijadikan jus.

5. Mengurangi konsumsi makanan yang memiliki kandungan zat purin
Kurangi mengkonsumsi seafood, jeroan, berbagai daging. Hal ini untuk mencegah zat purin berlebih yang mengendap di dalam tubuh.
Selamat mencoba cara mengobati asa urat secara alami di atas.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge