Cara Nyaman Menikmati Kereta Api Ekonomi Jarak Jauh

Melakukan wisata ke luar kota tentu sangat menyenangkan. Kamu bisa menghabiskan banyak waktu dengan melihat berbagai obyek wisata. Namun, seringkali biaya yang dikeluarkan tergolong besar.

Guna mengantisipasti pengeluaran biaya berlebih saat berlibur, maka kamu perlu tahu beberapa tips penting. Misalnya kamu bisa memilih lokasi wisata yang tidak terlalu jauh dari kotamu serta menggunakan kereta api untuk menghemat biaya perjalanan.

Ya, dengan memilih lokasi yang tidak jauh seperti Bandung, Cirebon, Garut, Semarang, Surabaya, kamu bisa menghemat biaya wisata seminim mungkin. Apalagi jika kamu memutuskan menggunakan kereta api untuk pergi dari dan tiba ke kota asal.

Kereta api kelas ekonomi adalah salah satu yang bisa kamu gunakan. Kelas ini memiliki biaya termurah di antara dua kelas kereta lainnya. Meski murah, kini kereta api ke berbagai kota sudah lebih nyaman karena menggunakan pendingin ruangan tersendiri.

Tiket kereta api ini juga sudah bisa kamu temukan secara online tanpa harus mengunjungi stasiun kereta terdekat. Kamu bahkan bisa memesan tiket kai dengan mudah di Traveloka, di salah satu situs web penjual layanan tiket kereta yang telah bekerjasama resmi dengan PT KAI.

kereta-api

Sumber: wikimedia.org

Kereta ekonomi memang sering diidentikkan dengan ketidaknyamanan. Namun, saat kamu mengerti cara membuat perjalananmu terasa berkesan, maka rasa nyaman tersebut akan muncul dengan sendirinya.

Kira-kira apa saja yang bisa kamu lakukan untuk menciptakan rasa nyaman di dalam perjalanan dengan kereta ekonomi? Simak ulasan berikut ini:

1. Duduk di dekat jendela

Banyak hal yang bisa kamu lakukan jika duduk di dekat jendela. Salah satunya adalah menikmati pemandangan alam yang dengan mudah kamu temukan selama perjalanan. Hamparan sawah hijau serta langit biru bisa dengan mudah kamu lihat jika duduk di dekat jendela.

Kamu bisa membuka jendela saat matahari terbit di pagi hari sekaligus untuk membuat udara segar masuk dengan mudah ke area kursimu. Namun, jika jendela tidak bisa diubah posisinya, kamu tetap bisa menikmatinya dari dalam kereta, bukan?

2. Berkenalan dengan orang lain

Jika kamu hanya berwisata seorang diri atau berdua bersama kerabat atau pasanganmu, maka kamu bisa melakukan hal ini. Berkenalan dengan 1-3 orang di sekitar tempat dudukmu akan membuat perjalananmu menjadi lebih menyenangkan.

Ajak mereka bercengkerama dan menceritakan beberapa hal tentang mereka. Jika mereka berasal dari daerah berbeda denganmu, kamu bisa menanyakan tempat wisata seru di kota mereka, yang bisa menjadi referensi perjalananmu selanjutnya.

3. Manfaatkan gawai

Perjalanan tanpa gawai memang akan terasa sedikit membosankan. Itulah mengapa, jangan sampai kamu meninggalkan gawai favoritmu sebelum menaiki kereta.

Dengan gawai, kamu bisa mendengarkan lagu, memainkan game, bahkan memotret pemandangan indah yang kamu temukan selama perjalanan. Namun, pastikan kamu menyimpan gawai tersebut pada tempat yang benar, guna menghindari tangan-tangan nakal yang ingin mengambilnya.

4. Memanfaatkan kamera

Jangan simpan kameramu! Keluarkan meskipun kamu masih berada di dalam kereta. Kamu bisa melakukan banyak hal dengan kamera tersebut.

Misalnya, kamu bisa mengabadikan gambar di sekitaran stasiun transit dan memotret foto pemandangan. Selain itu, kamu juga bisa membuat film dokumenter yang menceritakan tentang kisah kehidupan di kereta ekonomi.

Buatlah jalan cerita terlebih dahulu. Selanjutnya lakukan percakapan singkat dengan beberapa orang untuk memperkuat film buatanmu.

5. Menyewa bantal

Jika kamu sudah tidak tahu ingin melakukan hal apa di dalam kereta, maka solusi utama adalah tidur. Kamu bisa tidur dengan nyenyak di kereta ekonomi dengan menggunakan bantal.

Jika kamu tidak memiliki bantal atau selimut yang kamu bawa dari rumah, maka kamu bisa memanfaatkan fasilitas penyewaan bantal yang tersedia di kereta. Dengan harga Rp5.000 kamu sudah bisa tidur nyenyak selama perjalanan.

6. Memakan camilan

Camilan dan makanan berat adalah hal penting lainnya yang perlu kamu persiapkan sebelum berangkat menggunakan kereta. Dengan memiliki banyak persediaan makanan, maka kamu bisa melupakan kebosanan dan membuat suasana terasa lebih nyaman. Jika kamu tidak menemukan camilan, kamu bisa turun sesaat di stasiun transit.

Itulah enam cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat suasana di kereta ekonomi menjadi lebih nyaman. Setelah kamu mengetahui hal tersebut di atas, kamu tentu sudah tidak enggan menggunakan kereta ini, bukan?



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge