Cengkeh Untuk Pengobatan Penyakit dan juga Obat Antiseptik

khasiat cengkehCengkeh merupakan salah satu rempah yang pernah sangat mahal di pasar Eropa saat penjajahan masih terjadi di Indonesia. Itu juga yang menyebabkan banyak orang Eropa ingin menguasai Indonesia, karena Indonesia kaya akan rempah yang sangat mahal di pasar Eropa, salh satunya adalah cengkeh yang merupakan rempah asli Indonesia. Di Eropa, cengkeh biasa digunakan untuk rempah sebagia bahan masakan pedas. Sedangkan di Indonesia, selain untuk bumbu masak, cengkeh juga dijadikan bahan rokok kretek yang merupakan rokok khas Indonesia.

Selain untuk bumbu masak dan bahan rokok, cengkeh juga ternyata memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan manusia. Cengkeh bisa membantu anda mencegah atau mengobati dari berbagai macam penyakit.

Pertama, cengkeh bisa mengobati penyakit saluran pernafasan. Hal ini dibuktikan oleh profesor di Mount Sinai School of Medicine di New York, yaitu Neil Schatcher, MD. Menurut penelitiannya, cengkeh bekerja sebagai ekspektoran sehingga bisa mengencerkan lendir yang ada di kerongkongan yan merupakan sebab dari penyakit infeksi pernapasan. Untuk mengobati ini, cukup konsumsi teh yang mengandung cengkeh.

Cengkeh juga bisa mengobati salah satu penyakit ringan yang umumnya sering diderita, yaitu sakit gigi. Anda bisa mengobati sakit gigi dengan cengkeh dengan menumbuk halus 5 – 10 butir cengkeh yang sebelumnya sudah di sangrai. Taburkan bubuk cengkeh yang sudah disangrai dan ditumbuk tersebut pada bagian gigi yang sakit dan sakit gigi anda dalam hilang dalam beberapa saat.

Selain itu, cengkeh juga bisa digunakan sebagai obat kecantikan yaitu menghilangkan bekas jerawat. Terkadang saat jerawat sudah hilang, bekasnya masih ada dan mengganggu enampilan anda. Anda bisa mengatasinya dengan cengkeh karenacengkeh mengandung senyawa euganol, yaitu aintiseptik alami untuk menyeimbangkan kondisi kulit. Kandungna ini bukan hanya menghilangkan bekas jerawat tapi juga bisa mencegah jerawat tumbuh lagi di kulit anda. Hel ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh Cornelia Zicu yang merupakan staf dari Elizabeth Arden Red Door Spas.

Kandungan euganol dalam cengkeh bukan hanya bisa menghilangkan bekas jerawat dan menyeimbangkan kondisi kulit anda, tapi juga bisa menjadi pembersih kuman alternatif. Selain bisa menjadi antiseptik bagi kulit, kandungan euganol juga bisa menjadi antiseptik bagi barang-barang dirumah anda. Caranya adalah dengan mencampurkan ½ sendok minyak cengkeh dengan dua gelas air. Tempatkan pada wadah penyemprot dan semprotkan pada barang-barang dirumah yang ingin anda bersihkan, bisa juga pada dinding dapur dan dinding kamar mandi. Tidak perlu menyikat atau melap dinding atau barang yang sudah disemprot dengan minyak cengkeh karena bakteri dan jamur akan mati dengan sendirinya karena campuran euganol tersebut.

Wangi cengkeh yang segar juga bisa anda jadikan pewangi pakaian aami dengan wangi yang tidak terlalu menusuk. Orang biasanya tidak suka dengan wangi kamper karena wanginya yang terlalu menusuk. Jika anda termasuk salah satunya, anda bisa menggunakan cengkeh untuk pewangi pakaian anda sehingga pakaian anda tidak akan berbau terlalu menyengat seperti bau kamper. Selain membuat pakaian anda wangi, aroma cengkeh juga bisa membuat pakaian anda selalu terlihat segar. Caranya mudah sekali, anda cukup menyimpan beberapa batang cengkeh kedalam lemari pakaian anda sehingga wanginya akan menyebar dan menempel di pakaian anda. Kesegaran aroma cengkeh bisa bertahan selama 2 – 4 minggu sehingga anda bisa menggantinya 2 – 4 minggu sekali agar kesegaran tetap terjaga.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge