Dahsyatnya Khasiat Sarang Semut Sebagai Pengobatan Alami

khasiat sarang semut

Khasiat sarang semut dalam pengobatan alami telah diakui banyak orang. Tanaman sarang semut memiliki nama latin : Myrmecodia pendans dari famili Rubiaceae. Tanaman ini tumbuh liar di hutan-hutan. Namun masyarakat setempat (misalnya di Papua) telah lama memanfaatkan khasiatnya. Herba ini termasuk epifit yang tumbuh melekat pada tanaman atau medium lain lewat umbi dan akarnya.

Umbinya jika telah tua menggelembung dan beratnya bisa mencapai 5 kg. Umbi yang besar ini bagian dalamnya berongga dan sering digunakan sebagai sarang oleh semut. Terjadi simbiosis mutualisme antara tanaman dan semut-semut tersebut, yaitu semut menjaga tanaman dari gangguan predator, sedangkan tanaman (umbinya) memberi rumah dan makanan bagi para semut. Daun sarang semut ini umumnya lonjong atau panjang meruncing.

Tanaman sarang semut tersedia di balai pembibitan tanaman obat. Bagian yang digunakan untuk obat umbi. Adapun sarang semut berkhasiat bagi kesehatan karena mengandung antara lain vitamin, mineral, tanin, polifenol, flavonoid dan memiliki efek antikanker, antioksidan dan antivirus. Sering dimanfaatkan untuk mengatasi hepatitis, infeksi lambung, maag, rematik, dan kanker payudara.

Contoh resep herbal sederhana sarang semut untuk pengobatan kanker payudara : 1 sdm bubuk umbi sarang semut direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas, saring, airnya diminum sehari 3 kali @1 gelas.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge