Destinasi Wisata di Indonesia yang Kini Mendunia

Siapa sangka tempat wisata di Indonesia sudah terkenal hingga ke mancanegara. Hal ini memang tidak mengherankan karena potensi wisata alam di tanah air sangat menakjubkan. Bahkan banyak orang yang mengatakan bahwa tanah Indonesia adalah tanah surga. Hampir semua tempat wisata menyuguhkan pemandangan yang berbeda dengan sejuta keindahan mempesona.

Tidak hanya Bali yang mendunia, namun ada beberapa tempat wisata di wilayah Nusantara yang cantik meski sulit untuk dijangkau. Pasalnya masih kurangnya infrastruktur yang memadai menuju ke tempat lokasi wisata. Selain itu, kurangnya promosi dari pihak pengelola membuat wisata alam jarang dijamah oleh kalangan wisatawan.

 

Berikut adalah Tempat Wisata di Indonesia yang Kini Mendunia :

1.Kawah Ijen

Kawah Ijen merupakan salah satu tempat wisata yang mendunia karena telah menarik para wisatawan berdatangan. Keberadaan danau Kawah Ijen terletak di Bondowoso, Jawa Timur. Konon kawah tersebut adalah kawah paling asam di dunia dengan dinding kaldera setinggi 300 hingg 500 meter, serta luasnya mencapai 5.466 hektar. Adapun suhu kawah sendiri mencapai 200 derajat Celcius. Di tempat wisata inilah, anda bisa menyaksikan fenomena alam berupa api biru, yakni gas keluar dari tanah yang bertemu dengan oksigen. Akan tetapi, fenomena api biru dapat dilihat pada dini hari sampai pukul 05.00 pagi.

wisata-kawah-ijen

2. Danau Kelimutu

Danau Kelimutu berada di puncak Gunung Kelimutu, tepatnya di sebuah Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. Banyak wisatawan yang mengenalnya dengan sebutan Danau Tiga Warna, lantaran mempunyai warna air yang berbeda-beda, yakni merah, biru, dan putih. Konon menurut cerita masyarakat menganggap bahwa di sekitar danau dihuni oleh roh-roh. Meski demikian, keindahan akan tetap terpancar dari warna-warna danau yang kerap berubah dari waktu ke waktu. Namun untuk menyambangi danau ini, anda harus melakukan trekking sejauh 15 km dengan diselimuti kabut.

wisata danau kelimutu

 

3. Taman Laut Bunaken

Taman Laut Bunaken memang sudah terkenal di kalangan wisatawan domestik maupun luar negeri. Keberadaan Bunaken berada di Teluk Manado, tepatnya di utara Pulau Sulawesi. Menariknya Taman Laut Bunaken yang didirikan pada tahun 1991 yang merupakan salah satu taman laut pertama di dunia. Maka tak heran jika taman ini menjadi situs warisan dunia sejak tahun 2005. Alasan lainnya juga karena di tempat wisata ini terdapat berbagai species coral, ikan hiu, mandarin fish, dan lain sebagainya. Adapun spot terbaik di Taman Laut Bunaken adalah diving dengan 20 titik penyelaman dengan kedalaman yang bervariasi.

taman laut bunaken

 

4. Taman Nasional Baluran

Satu lagi Taman Nasional Baluran yang termasuk tempat wisata paling populer hingga mendunia. Taman Nasional Baluran terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Hanya di lokasi wisata ini, anda akan menjumpai savana terluas di Pulau Jawa. Bahkan pada saat musim kering, pepohonan akan meranggas dan rerumputan mengering, sehingga bisa dijadikan spot fotografi terbaik. Karena itulah, suasananya terasa lebih di Afrika, ketika anda menyaksikan ratusan rusa berlarian menuju kubangan air.

taman nasional baluran



One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge