Destinasi Wisata Terbaik di Karanganyar Jawa Tengah

Kabupaten Karanganyar merupakan salah satu kota yang terkenal dengan penghasil jemani. Rupanya kondisi iklim yang membuat Karanganyar subur ditumbuhi berbagai jenis tumbuhan, lantaran berada di lereng Gunung Lawu. Bahkan hingga sampai saat ini, tanaman hias masih dijadikan sebagai satu komoditas unggulan di Karanganyar.

Namun belakangan ini Kabupaten Karanganyar lebih sering dikunjungi oleh kalangan wisatawan. Keberadaa Karanganyar yang tak jauh dari Kota Solo yakni hanya berjarak 14 km, sehingga terbilang cukup strategis bagi wisatawan untuk menyambangi lokasi wisata. Nah, ketika anda sedang mudik ke jawa tengah, sempatkan mampir ke tempat wisata di Kabupaten Karanganyar yang sangat wajib untuk dikunjungi.

 

1.Gunung Lawu

Gunung Lawu yang letaknya di tiga kabupaten yakni Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Hingga saat ini Gunung Lawu masih mengeluarkan uap air dan belerang, meski sudah tidak termasuk gunung api beraktif. Sebetulnya terdapat tiga puncak di gunung ini, Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling, dan Hargo Dumilah yang bisa dijadikan spot terbaik untuk menikmati matahari terbit.

gunung-lawu

2. Air Terjun Grojogan Sewu

Di lereng Gunung Lawu terdapat sebuah tempat wisata bernama Air Terjun Grojogan Sewu, lebih tepatnya berada di Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar. Ruoanya Air terjun Grojogan Sewu karanganyar merupakan bagian dari Hutan Wisata Air terjun Grojogan Sewu. Maka tak heran jika terletak di ketinggian 80 meter dengan debit air air yang cukup deras. Di kawasan ini banyak sekali monyet yang sengaja dibebaskan untuk hidup secara liar.

grojogan-sewu

3. Kebun Teh Kemuning

Selanjutnya adalah Kebun Teh Kemuning yang berada di Ngargoyoso, Karanganyar. Saat tiba di lokasi, anda akan melihat pesona alam pegunungan yang masih asri serta udara yang sejuk dan menyegarkan. Karena itulah, banyak para wisatawan yang berkunjung ke Kebun Teh Kemuning terutama pada akhir pekan. Di area inilah anda bisa menikmati kuliner yang cukup terkenal sambil memandangi hamparan kebun teh yang menghijau.

kebun-teh-kemuning

4. Candi Ceto

Candi Ceto merupakan salah satu dari beberapa kompleks candi Hindu yang diduga dibangun pada akhir era Kerajaan Majapahit. Keberadaanya di lereng Gunung Lawu dan dibangun pada ketinggian 1496 mdpl, tepatnya di Dusun Ceto, Desa Gumen, Kec. Jenawi. Maka dari itu, suasana di Candi Ceto cukup dingin dan udara sangat menyejukkan. Pastikan anda mengabadikan moment fotografis di area Candi Cetho yang unik dan menarik.

candi-ceto

5. Jembatan Selfy

Satu lagi destinasi wisata Karanganyar yang sayang dilewatkan bagi pecinta selfie. Tempat wisata ini bernama Jembatan Selfy yang terbilang masih baru di Kabupaten Karanganyar. Wisata tersebut dikelola oleh penduduk sekitar, namun warga sekitar sering menamai dengan wisata jembatan selfy Thuk Mangklung Indah (TMI). Di sinilah para pengunjung bisa puas berfotoria, karena terdapat banyak spot-spot menarik. Bukan hanya itu, mereka juga bisa menikmati panorama alam sekitar yang cukup sejuk.

jembatan-selfy

Itu dia objek wisata yang ada di Kabupaten Karanganyar. Semoga bisa menjadi referensi terbaik bagi anda penikmat jalan-jalan.

 



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge