Gejala Awal Kanker Otak Yang Perlu Diwaspadai

kanker otakGejala awal kanker otak. Kanker otak merupakan salah satu penyakit yang sangat ditakuti banyak orang. Mendengar ‘Kanker’ saja sudah membuat ngeri, ditambah lagi apabila menyerang pada organ tubuh yang paling penting, yakni otak. Jenis kanker yang satu ini menjadi salah satu penyakit mematikan yang kerap menyerang manusia di seluruh penjuru dunia. Tidak heran, jika kebanyakan para penderitanya kerap mengalami pesimis dan berputus asa akan kelangsungan hidupnya.

Penyakit kanker otak disebabkan adanya penurunan DNA di otak, atau perkembangan DNA yang melebihi batas. Faktor tersebut disebabkan oleh beberapa hal, misalnya seperti radiasi akibat sinyal pada alat telekomunikasi (handphone) atau computer. Pola makan yang tidak sehat juga dapat menjadi pemicu terjadinya kanker otak. Misalnya seperti mengkonsumsi makanan junk food terlalu sering, salah satunya adalah mie instan. Di dalam junkfood tersebut terdapat zat pengawet yang dapat menjadi salah satu pemicu tumbuhnya sel-sel kanker pada otak.

Karena bahayanya penyakit kanker otak ini, tidak ada salahnya jika anda mengetahui gejala atau tanda dari penyakit mengerikan ini. Kanker otak dapat terjadi secara bertahap, yakni stadium 1, stadium 2, stadium 3 hingga stadium akhir atau stadium 4. Gejala awal kanker otak biasanya tidak mudah dideteksi. Ini karena biasanya penderita tidak begitu merasakan adanya gejala tertentu. Jadi gejala dari penyakit ini pada stadium 1 terbilang tidak jelas. Hal tersebut yang biasanya menyebabkan penderitanya tidak menyadari akan kehadiran sel kanker yang menyerang otaknya. Untuk mencegahnya menjadi lebih parah, perhatikan dan waspadailah beberapa gejala awal kanker otak berikut ini :

1.    Sakit Kepala Disertai Mual
Biasanya sebagai gejala awal dari penyakit kanker otak, penderita akan sering merasa sakit kepala disertai rasa mual. Hal tersebut bisa disebabkan karena perkembangan sel kanker yang terdapat pada bagian kepala, sehingga wajar jika terdapat rasa sakit di area kepala.

2.    Penglihatan Menurun
Selain sakit kepala, gejala awal kanker otak yang lainnya yaitu akan terjadi penurunan daya penglihatan di usia muda, atau pada usia yang dirasa masih terlalu dini mengalami masalah penglihatan.

3.    Pendengaran berkurang
Gejala awal kanker otak juga ditandai dengan fungsi indra pendengaran yang menjadi berkurang, seiring dengan berkembangnya sel kanker.

4.    Mudah lelah
Penderita kanker otak pada stadium awal juga akan merasa mudah cepat lelah, meski tidak melakukan banyak aktifitas bahkan hingga pingsan.

5.    Pingsan mendadak
Jika anda mengalami pingsan secara tiba-tiba tanpa sebab yang jelas, maka perlu anda waspadai. Terlebih apabila diikuti adanya gangguan saraf, sehingga mengakibatkan sulit menggerakkan anggota tubuh, seperti sulit berjalan.

Mengetahui gejala awal kanker otak sangat diperlukan guna untuk melakukan pencegahan. Dengan begitu, anda dapat mengamatinya sejak dini. Sehingga bisa segera ditangani oleh ahli medis. Karena apabila diketahui sudah pada stadium lanjut, kelangsungan hidup akan terancam. Point yang paling penting sebagai langkah pencegahan adalah dengan menjalani pola hidup yang sehat. Semoga bermanfaat.



One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge