Gejala Penyakit Kanker Nasofaring Dan Penyebabnya

kanker nesofaringGejala kanker nesofaring. Kanker, mendengarnya saja membuat mengerikan. Bagaimana tidak, salah satu penyakit ini merupakan penyakit yang sangat diwaspadai, karena dikenal mematikan. Kanker sendiri dapat menyerang pada berbagai bagian tubuh, seperti pada otak, payudara, leher rahim dan bagian tubuh lainnya. Dan dari berbagai jenis kanker, terdapat salah satu kanker yang mungkin masih asing bagi sebagian orang, yakni kanker nasofaring atau disebut juga NPC.

Nasofaring adalah faring atau tekak yakni, saluran yang terletak antara rongga mulut, rongga hidung serta kerongkongan. Jadi kanker nasofaring merupakan jenis kanker yang menyerang bagian dalam hidung. Penyebab dari jenis kanker yang satu ini hingga sekarang belum dapat diketahui dengan pasti. Menurut pendapat para ahli, kanker nasofaring disebabkan oleh virus Epstein bar. Penyakit ini perlu sangat diwaspadai selain sukar terlihat ataupun diraba. Kanker nasofaring termasuk dalam lima besar tumor ganas yang ada di Indonesia. Untuk mengetahuinya, berikut beberapa gejala yang bisa menandakan adanya kanker nasofaring :

1.    Terjadinya gangguan telinga
Sebagai gejala awal dari kanker nasofaring adalah terjadi gangguan pada telinga, seperti telinga terasa penuh dan berdengung. Jika anda mengalami gangguan tersebut, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter THT untuk mendeteksinya sejak dini.

2.    Mimisan atau keluar darah dari hidung
Jika anda kerap mengalami mimisan tanpa sebab yang pasti, maka jangan anggap remeh. Ini karena bisa jadi sebagai salah satu gejala awal kanker nasofaring. Terlebih jika disertai hidung yang berbau.

3.    Keluar lendir atau dahak dari mulut yang bercampur dengan darah.

4.    Terjadi gangguan pada penglihatan.
Hal tersebut terjadi akibat adanya kelumpuhan otot-otot pada kelopak mata, yang menyebabkan sulit membuka kelopak mata dengan normal. Selain itu, dapat juga mengakibatkan pandangan menjadi ganda atau dobel.

5.    Mengalami nyeri kepala yang cukup hebat.

6.    Muncul berupa benjolan atau pembengkakan pada leher disebabkan oleh kelenjar    getah bening yang membengkak.

7.    Terjadi gangguan pada saraf di daerah mulut, sehingga dapat mengalami kesulitan dan terasa nyeri saat menelan. Bahkan bisa menyebabkan hingga tidak dapat bersuara. Dan pada akhirnya mengakibatkan kondisi fisik serta socialnya menurun drastis.

8.    Tulang terasa nyeri dan badan mudah lelah. Gejala kanker nesofaring ini biasanya dirasakan apabila sudah mencapai stadium akhir.
Apabila anda mengalami salah satu dari beberapa gejala kanker nesofaring di atas, segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Ini agar bisa dengan cepat mendapatkan penanganan. Jangan sampai terdeteksi ketika sudah pada stadium akhir, karena akan sulit untuk disembuhkan.

Menurut penelitian, para kaum pria lebih beresiko terkena kanker nasofaring ketimbang wanita. Namun meski begitu, baik kaum wanita maupun pria tetap harus mewaspadainya. Jaga kebersihan diri juga lingkungan sekitar, gunakan masker terlebih saat di wilayah industri untuk menghindari asap industri. Sebaiknya menghindari berbagai makanan yang diawetkan dan pengolahannya dengan cara diasap. Semoga infromasi gejala kanker nesofaring di atas bisa bermanfaat.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge