Hati-hati! Jangan Berlebihan Memakai 5 Produk Ini untuk Wajah

kulit cerah cantik

Merawat wajah merupakan kebutuhan bagi tiap-tiap wanita yang ingin tampil cantik dan menawan. Berbagai macam produk kecantikan khusus untuk wajah yang beredar di pasaran sudah tak terhitung lagi jumlahnya. Belum lagi, penggunaan bahan-bahan alternatif yang multifungsi kini mulai banyak digandrungi untuk mengatasi berbagai kebutuhan kulit dengan jalur praktis.

Contoh bahan-bahan alternatif yang banyak digunakan untuk kebutuha perawatan wajah adalah pasta gigi. Selain dipercaya mampu mengobati jerawat, pasta gigi juga diandalkan untuk membuat bibir tampak lebih merona. Selain pasta gigi, baking soda juga merupakan bahan yang banyak dimanfaatkan untuk merawat wajah.

Penggunaan benda-benda tersebut mungkin aman-aman saja asal digunakan di selain wilayah sekitar mata. Namun, keberhasilan yang didapat masing-masing orang tentu berbeda. Dan terkadang, maraknya penggunaan bahan-bahan alternatif ini semakin memacu orang untuk mencari-cari tahu bahan lain apakah yang ternyata bisa dimultifungsikan untuk merawat bagian wajah.

Bereksperimen sebenarnya sah-sah saja. Tapi, kita harus benar-benar memperhatikan kandungan dari bahan yang ada di dalam bahan yang kita gunakan. Apalagi, kulit wajah amatlah sensitif. Untuk itu, pastikan untuk tidak mencoba bahan yang terlalu ekstrim termasuk yang terdaftar dalam rangkuman berikut untuk wajah, ya!

  1. Body Lotion

Lotion yang diproduksi untuk kulit tubuh memang memiliki formula yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan kulit tubuh, termasuk tangan dan kaki. Penggunaannya untuk kulit wajah tentu kurang tepat. Sebab, lapisan serta pH dari kulit wajah tentu berbeda jauh dengan kulit di bagian tubuh yang lain. Meski ada testimoni yang menyatakan bahwa mereka ‘berhasil’ merawat wajahnya dengan menggunakan body lotion, sebaiknya anda tidak terpengaruh. Resiko yang harus siap diambil adalah terjadinya iritasi, timbul jerawat, juga munculnya komedo.

  1. Mayonaise

Bahan makanan memang banyak dilirik untuk menjadi bahan alami untuk merawat kulit wajah, contohnya yogurt. Namun meski mayonaise dan yogurt memiliki kemiripan fisik, bahan dasar serta kandungan dari keduanya amatlah berbeda. Mengaplikasikan mayonaise ke wajah sebagai masker akan membuat pori-pori tersumbat dan memungkinkan untuk memicu tumbuhnya komedo serta jerawat. Jadi, jangan coba-coba ya!

  1. Deodoran

Jika fungsi deodoran yang diaplikasikan pada ketiak adalah untuk menjaga agar ketiak tetap kering sepanjang hari, maka penggunaannya untuk wajah guna mengontrol kelebihan minyak amat tidak dibenarkan. Meski kulit ketiak juga termasuk bagian kulit yang sensitif, bukan produk perawatannya bisa disamakan dengan wajah. Apalagi, kebanyakan deodoran memiliki kandungan parfum yang sangat tidak dianjurkan untuk sampai terkena kulit wajah.

  1. Semir rambut

Maksud hati untuk menyelaraskan warna alis dengan rambut tidaklah bisa dipenuhi dengan penggunaan cat rambut untuk menyemir alis. Kandungan bahan kimia yang ada dalam cat atau semir rambut amat berbahaya bila sampai terkena mata, alih-alih mengaplikasikannya pada kulit di sekitar mata. Jadi, gunakan saja pensil alis atau eyeshadow untuk mewarnai alis daripada harus menanggung resiko.

  1. Hair spray

Bila hair spray dipercaya mampu menjaga agar tatanan rambut tetap awet berjam-jam, bukan berarti produk tersebut bisa diandalkan untuk mempertahankan riasan yang menempel di wajah agar tidak mudah luntur. Kandungan alkohol dalam hair spray dapat menimbulkan iritasi, kulit kering, dan berbagai masalah kulit lain. Anda bisa menggunakan setting spray yang memang sudah diformulasikan secara khusus untuk membuat riasan di wajah tetap awet seharian.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge