Ini 5 Cara Alami yang Ampuh Mengatasi Kulit Ketiak Kasar dan Hitam

Kesalahan dalam mencukur serta penggunaan produk deodoran yang salah seringkali menyebabkan kondisi kulit ketiak yang kasar. Belum lagi, keadaan tersebut biasanya juga diikuti dengan warna kulit yang menghitam. Hal ini pasti menimbulkan keresahan dan berkurangnya rasa percaya diri, khususnya di kalangan wanita. Meski sudah banyak produk yang mengklaim dapat mencerahkan sekaligus membuat kulit ketiak lebih halus, namun tidak ada yang menjamin bahwa produk tersebut cocok dipakai oleh setiap orang.

Selain dua hal tersebut, kondisi kulit ketiak yang hitam dan kasar juga dapat terjadi karena adanya infeksi bakteri, atau faktor hormonal juga obesitas. Bila anda tidak merasa melakukan proses pencukuran yang salah atau ada masalah dengan produk deodoran yang dipakai, ada baiknya anda memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan penyebab dari keadaan tersebut. Jika terjadi karena infeksi, maka penggunaan salep atau obat mungkin juga menjadi kebutuhan anda. Bila selain hal tersebut, anda bisa menggunakan bahan-bahan alami berikut untuk mengatasi kulit ketiak kasar lagi gelap.

1. Scrub gula dan lemon
Untuk menghaluskan kulit ketiak sekaligus mencerahkannya, maka gula dan lemon bisa menjadi bahan yang diandalkan. Anda bisa mencampur air perasan lemon dengan gula pasir dalam wadah kecil lalu mengoleskannya pada ketiak. Diamkan selama sepuluh menit, setelah itu gosok dengan gerakan memutar menggunakan jari selama dua menit. Kemudian, bilas sampai bersih. Cara ini dapat anda kerjakan 2 – 3 kali dalam seminggu untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk.

2. Minyak kelapa
Minyak kelapa murni memang sangat multifungsi untuk menjadi bahan perawatan kecantikan. Gunakan minyak kelapa untuk menggosok kulit ketiak yang sudah dibersihkan selama 5 menit setiap hari untuk mendapatkan kulit ketiak yang halus. Selain menggunakan minyak yang satu ini, anda bisa juga memanfaatkan minyak almond.

3. Baking soda
Pengangkatan sel kulit mati juga bisa dilakukan dengan membuat scrub dari baking soda yang memiliki butiran lebih halus daripada gula pasir. Caranya pun mudah sekali. Cukup tambahkan air pada baking soda anda untuk membuatnya mengental, kemudian gunakan untuk menggosok kulit ketiak. Selain menghaluskan, kulit ketiak yang lebih cerah dan bersih akan anda dapatkan. Cara ini bisa anda lakukan dua kali dalam seminggu.

4. Irisan kentang
Untuk membuat kulit ketiak lebih halus, anda bisa memanfaatkan kentang yang sudah diiris tipis dan direndam selama dua menit dalam air. Gunakan potongan kentang tersebut untuk menggosok kulit ketiak secara rutin setiap hari. Kulit ketiak anda juga akan jadi lebih cerah.

5. Susu dan kunyit
Ambil beberapa sendok bubuk kunyit dan tambahkan susu murni untuk membuatnya mengental. Kemudian, aplikasikan pada kulit ketiak dan diamkan selama dua puluh menit. Setelah itu, gosok kulit ketiak anda untuk meluruhkan masker susu dan kunyitnya sekaligus menghilangkan sel-sel kulit mati yang menempel.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge