Inilah Khasiat Benalu Untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui

Benalu memiliki nama lokal kemlandean, pasilan (Jawa), kepasilan, dalu-dalu (Sumatera). Nama latinnya Loranthus dari famili Lorantahceae. Nama asing : honghua jingshen (Cina).

Tanaman ini tidak memerlukan media tanah, tapi hidup sebagai parasit menumpang pada tanaman lain dan mengisap zat-zat mineral di tanaman tersebut, bahkan induk tersebut bisa mati. Bunga benalu berkelamin tunggal, dan biji buahnya mengandung getah. Proses pengembangbiakannya dibantu oleh burung atau serangga. Caranya, biji benalu dimakan oleh burung atau serangga, lalu biji tersebut bersama kotoran binatang akan menempel pada dahan pohon dan hiduplah disitu. Ada berbagai macam benalu, namanya pun tergantung pada tanaman yang ditempelinya, seperti benalu teh, benalu belimbing, benalu duku, dan sebagainya.

tanaman-benalu

Benalu dapat ditemukan di pohon-pohon atau tumbuhan liar maupun yang ditanam khusus. Bagian yang digunakan sebagai obat adalah seluruh bagian tanaman.

Khasiat benalu :Memiliki efek antiradang, diuretik, antiinflamasi, antibakteri. Benalu yang menempel pada tanaman teh (Camellia sinensis) bisa untuk mengobati kanker. Benalu yang tumbuh pada tanaman jeruk nipis (Citrus aurantifolia) bisa untuk mengobati amandel. Sedangkan benalu umum untuk mengobati batuk, diare, dan campak.

Resep herbal sederhana :

  1. Amandel : 1 batang benalu yang menempel pada tanaman jeruk nipis dicampur dengan adas secukupnya, direbus dengan 3 gelas air, lalu disaring, dan airnya diminum (sehari sekali ½ gelas).
  2. Campak : 1-2 batang benalu ditambah adas secukupnya lalu digiling halus, dan dioleskan pada bagian tubuh yang kena campak.
  3. Tumor : 1-2 batang benalu yang tumbuh pada teh, ditambah 1 batang rumput alang-alang dan adas secukupnya, direbus dengan 3 gelas air, disaring dan diminum sehari sekali ½ gelas.

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge