Inilah Khasiat Tanaman Kangkung yang Tidak Banyak Diketahui Orang

Tanaman ini memiliki nama lokal : kangkong, kangkung (Jawa), kalayau, kangkeung, lalidik (Sumatera), pangpung, angodono, lara (NTB/ NTT), kangko, tango, lare (Sulawesi), takako, kangko, bihop (Maluku). Nama latin : Ipomoea aquatica, dari famili Convolvuaceae. Nama asing : weng cai (Cina).

tanaman-kangkung

Tanaman semusim ini hidup merambat atau terapung pada lahan yang basah, misalnya di sungai, rawa, atau tambak. Bisa tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi. Batangnya beruas dan berongga. Daunnya tunggal bertangkai, bentuknya segitiga meruncing di ujung. Daun kangkung sering dimasak sebagai sayuran. Bunganya keluar dari ketiak daun, seperti corong berwarna ungu dengan pinggiran putih. Buahnya bulat telur berbiji 2-4. Pembiakan tanaman dengan setek batang.

Tanaman kangkung tersedia di pasar tradisional, pasar swalayan. Bagian yang digunakan sebagai obat : Seluruh bagian tanaman.

Khasiat kangkung : Mengandung vitamin A, B1, dan C, juga protein, kalsium, besi, fosfor, karoten, sitosterol. Tumbuhan ini sering dimanfaatkan untuk mengatasi keracunan makanan, radang gusi, air seni sedikit, batuk berdarah, mimisan, sembelit, keputihan, bisul, eksim, kapalan, luka karena gigitan serangga, sulit tidur, wasir, kencing bernanah, dan untuk menaikkan stamina tubuh (misalnya sehabis sakit).

Resep herbal sederhana tanaman kangkung :

  1. Bisul, eksim, gigitan serangga : Kangkung segar digiling halus lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit.
  2. Mimisan : 50 g kangkung segar dicuci bersih, digiling halus bersama gula secukupnya, lalu diseduh dengan air panas, saring dan minum.
  3. Wasir : 3 sdm akar kangkung dicuci bersih, lalu direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa ½ gelas. Minum sehari 2 kali @¾ gelas.
  4. Sulit tidur, sembelit : Daun dan batang kangkung secukupnya direbus atau dikukus dan dimakan sebagai lalapan. Makan sehari 2 kali.
  5. Radang gusi : 200 gr kangkung setelah dibersihkan direbus dengan 200 ml air dan 200 ml cuka. Gunakan untuk kumur-kumur selagi hangat. Lakukan beberapa kali dalam sehari sampai radang mereda.
  6. Kapalan (kulit telapak kaki menebal) : Oleskan getah kangkung pada kulit yang kapalan. Lakukan setiap hari.
  7. Meningkatkan stamina tubuh : 2 sdm daun, 1 sdm batang, 1 sdm akar dibersihkan lalu digiling halus, tuangi dengan ½ cangkir air matang dan 1 sdm madu, peras, lalu saring. Minum airnya sehari 3 kali @½ cangkir.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge