Inilah Khasiat Tanaman Kerak Nasi

tanaman-kerak-nasi

Tanaman kerak nasi memiliki nama lokal : brobos kebo, kerak nasi (Jawa), kelak nasi (Melayu), abur (Aceh), babalat (Bengkulu), halemaniri (Maluku). Nama latin : Sambucus javanica, dari famili Caprifoliaceae.

Perdu menahun ini tingginya sekitar 3 m. Memiliki akar tunggang, batangnya bulat berkayu, bercabang, warna putih kotor. Daunnya tunggal, lonjong dengan ujung dan pangkal meruncing. Bunganya majemuk, mahkotanya berbentuk terompet warna putih. Buahnya bulat warna ungu, sedangkan bijinya lonjong warna ungu.

Tanaman kerak nasi tersedia di : Balai pembibitan tanaman obat. Adapun bagian yang digunakan untuk obat adalah daun, akar (segar ataupun kering).

Khasiat kerak nasi : Daun dan akar kerak nasi mengandung saponin dan tanin, sedangkan buahnya mengandung saponin dan flavonoid. Biasa dimanfaatkan sebagai peluruh air seni dan obat rematik.

Resep herbal sederhana untuk rematik : 15 g daun segar dicuci, direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas, saring, airnya diminum dua kali, pagi dan sore.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge