Inilah Khasiat Tanaman Paku Andam Untuk Pengobatan Alami

tanaman-paku-andam

Tanaman paku andam memiliki nama lokal lain seperti : branjangan (Jawa) dan paku resan (sunda). Adapun nama latinnya adalah : Dicranopteris dichotoma, dari famili Gleicheniceae.

Tanaman paku andam merupakan tumbuhan paku liar yang hidup di tebing-tebing atau semak-semak basah pada ketinggian 500-2.500 m diatas permukaan laut. Memiliki akar serabut, semak menahun, tingginya 40-100 cm. Batangnya bulat, merayap dipermukaan tanah, berbulu kasar, warna hijau. Daunnya majemuk berbentuk jari dengan anak daun warna hijau. Sporanya berada dibawah daun, bentuk bulat, cokelat.

Tanaman paku andam  tersedia di penjual tanaman hias. Adapun bagian yang digunakan untuk obat adalah daun, akar (segar ataupun kering).

Khasiat paku andam : Akar dan paku andam ini mengandung saponin, tanin dan kardenolin, bisa dimanfaatkan untuk obat batuk, luka, memar dan infeksi saluran kencing.

Resep herbal sederhana :

  1. Batuk : 20 g batang segar paku andam dicuci lalu direbus dengan 400 ml air selama 15 menit, saring, airnya diminum 2 kali sehari pagi dan sore.
  2. Infeksi saluran kencing : 30 g akar paku andam dicuci lalu direbus dengan 400 ml air sampai tersisa setengahnya, saring, airnya diminum sekaligus.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge