Inilah Khasiat Wijen Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

Tanaman ini memiliki nama lokal : wijen (Jawa), lengong, lenga (Sumatera. Nama latin : Sesamum indicum, dari famili Pedaliaceae. Nama asing : zhe ma (China).

khasiat-wijen

Tanaman asal Afrika kawasan tropis ini memiliki akar tunggang dengan banyak akar cabang. Tingginya 60-120 cm, tapi juga bisa mencapai 3 m. Batangnya berkayu. Daunnya tunggal, berbentuk lidah memanjang. Bungan tumbuh diketiak daun, biasanya tiga namun hanya satu yang berkembang dengan baik. Bunga sempurna, kelopak bunga berwarna putih, kuning, merah muda, atau biru violet, tergantung varietas. Dari bunga tumbuh 4-5 kepala sari. Jika buah masak dan mengering, biji mudah terlepas dan keluar. Melalui pemuliaan, sifat ini telah diperbaiki sehingga buah tidak mudah pecah.

Bijinya berbentuk seperti buah alpukat, berwarna putih, kuning, cokelat, merah muda, atau hitam. Tanaman wijen menyukai panas matahari untuk tumbuh dengan baik. Namun hasilnya akan turun jika kurang mendapat pengairan. Di Indonesia, habitat tanaman wijen tidak terlalu luas. Terdapat area penanaman wijen di daerah Gunungkidul Yogyakarta.

Wijen sudah lama dimanfaatkan bijinya sebagai bahan minyak wijen. Bijinya yang berwarna putih juga digunakan untuk penghias kue, misalnya onde-onde. Biji wijen bisa dibuat pasta.

Wijen tersedia di : Pasar tradisional, pasar swalayan dan bagian yang digunakan untuk obat adalah biji, daun.

Khasiat wijen : Memiliki efek antioksidan, antitumor, dan tonikum. Wijen antara lain mengandung vitamin A, B1, dan E, protein, dan gliserida. Wijen biasa digunakan untuk mengatasi masalah sakit kepala, batuk, diare, melancarkan ASI, radang saluran air seni, dan tumor.

Resep herbal sederhana : Radang saluran air seni : 10 g daun kering diseduh dengan 1 gelas air panas, minum setelah hangat.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge