Intip Yuk 5 Tips Kecantikan Alami yang Ampuh Dari Nenek Moyang!

cantik-alami

Sejak zaman nenek moyang kita, para wanita sudah banyak yang menyadari arti penting perawatan tubuh untuk menjaga penampilan. Tampil cantik memang merupakan salah satu prioritas wanita yang tak pernah berubah. Hanya saja, cara mereka mendapatkan perawatan itulah yang sedikit berbeda. Sebab, pada masa yang lalu tidak ada banyak produk rangkaian kecantikan seperti sekarang.

Bahan alami merupakan kunci dari perawatan kecantikan para leluhur. Meski hasilnya tidak instan, namun bahan-bahan ini mampu memberikan hasil yang lebih baik asal dilakukan secara telaten dan rutin. Nilai tambahnya lagi adalah, hampir seluruh metode perawatan dengan memanfaatkan bahan alami ini tidak menimbulkan efek samping, berbeda dari kosmetik atau produk kecantikan masa kini yang banyak mengandung bahan kimia.

Ingin tahu apa saja perawatan yang biasa dilakukan oleh para wanita dari leluhur kita dulu? Simak di sini!

  1. Masker dan lulur dari buah atau rempah

Sudah bukan rahasia lagi bahwa para leluhur kita sering memanfaatkan buah-buahan dan rempah-rempah yang kaya vitamin serta antioksidan untuk digunakan sebagai perawatan tubuh. Kegunaannya antara lain untuk mencerahkan warna kulit, melembabkan, melembutkan, serta menutrisi kulit dari luar. Adapun bahan-bahan yang paling banyak digunakan yaitu bengkoang, pepaya, timun, kunyit, mangir, dan masih banyak lagi. Jika anda tertarik, cobalah membuat masker dan lulur dari bahan-bahan alami ini dan mencampurnya dengan yogurt agar hasilnya lebih optimal.

  1. Menguapi wajah

Sebelum adanya berbagai macam produk pembersih wajah, serum, atau krim-krim lainnya, penguapan menjadi metode yang dilakukan para wanita zaman dulu untuk merawat wajahnya. Caranya pun mudah saja, cukup merebus air hingga mendidih lalu memindahkannya ke dalam baskom atau mangkuk besar. Setelah itu, tundukkan kepala di atas wadah tersebut untuk menyerap seluruh uapnya selama sekitar dua puluh menit. Sejumput garam atau beberapa irisan lemon bisa dimasukkan ke dalam air sebagai variasi.

  1. Kompres mata dengan timun

Sudah menjadi hal yang umum dimana mentimun dimanfaatkan sebagai masker alami untuk mengatasi masalah kantung mata dan lingkaran hitam di sekitar mata. Gunakan mentimun yang masih segar dan dingin, potong tipis, lalu tempelkan pada kedua mata yang tertutup. Dengan mengamalkan ini secara rutin setiap hari, keindahan mata bisa tetap terjaga.

  1. Mandi dengan air garam

Berendam menjadi bentuk perawatan kulit yang sudah digandrungi sejak dulu. Sebelum hadirnya berbagai macam produk untuk dituangkan ke dalam bak mandi, para wanita zaman dahulu menggunakan garam sebagai campuran air hangat yang mereka pakai untuk berendam. Selain membuat tubuh rileks, cara ini dapat membantu membersihkan kulit serta menyegarkannya. Cukup dilakukan satu – du kali dalam seminggu agar kulit tidak mengering.

  1. Memakai minyak untuk merawat rambut

Sebelum produk kondisioner atau vitamin rambut hadir di pasaran, minyak-minyak alami dimanfaatkan sebagai produk untuk merawat rambut sekaligus kulit kepala. Jenis minyak yang digunakan antara lain minyak zaitun, minyak kemiri, minyak almond, dan sebagainya. Minyak ini digunakan untuk memijat kulit kepala yang dapat membantu melancarkan peredaran darah sekaligus menutrisi rambut.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge