Jangan Ditusuk! Coba 5 Cara Mengatasi Penyakit Milia Ini!

jerawat

Selain komedo dan jerawat, ada satu masalah kulit yang juga membuat setiap orang resah atas kemunculannya. Namanya milia, yang merupakan timbunan dari sel kulit mati di bawah lapisan epidermis. Milia berukuran lebih besar dari komedo putih, namun tidak sebesar jerawat. Ia tampak seperti benjolan-benjolan putih yang tertahan di bawah kulit.

Untuk mengatasi milia, tindakan memencet-mencetnya tampak akan sia-sia saja. Menggunakan jarum untuk menusuk dan mengeluarkan isinya juga sangat tidak disarankan sebab dapat melukai kulit. Jika wajah anda ditumbuhi milia, jangan khawatir. Di bawah ini adalah cara untuk mengatasi milia secara tepat dan aman tanpa harus melukai kulit anda.

  1. Bebaskan sel kulit mati yang terjebak

Milia terbentuk dari timbunan sel kulit mati yang tertahan di bawah lapisan kulit. Untuk menghilangkannya, maka anda perlu membebaskan sel kulit mati yang tertahan tersebut. Cara pertama, anda bisa melakukan eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati yang ada di luar. Eksfoliasi ini memudahkan milia untuk terbuka dan mengeluarkan isinya. Anda bisa menggunakan bahan alami berupa gula dan lemon untuk melakukannya.

Selain eksfoliasi, anda mungkin bisa menggunakan bantuan retinol untuk meluruhkan sel kulit mati. Anda bisa mendapatkan salep retinol di apotik dengan mengonsultasikan penggunaannya terlebih dahulu.

  1. Hindari paparan sinar UV

Ketika tengah terserang milia, ada baiknya anda melindungi diri dari paparan matahari sebab sinar UV dapat memperparah kondisinya. Anda bisa mengurangi kegiatan di luar ruangan, atau memakai pelindung berupa masker, kacamata hitam, topi, tudung, dan sebagainya untuk menaugi kulit anda.

  1. Kurangi pemakaian produk perawatan kulit

Jika kulit anda terserang milia, ada baiknya anda mengurangi pemakaian skincare anda di wilayah tersebut. Termasuk jika anda terbiasa memoleskan skincare dengan tebal, latihlah diri anda untuk mengaplikasikan produk yang dipakai di kulit secukupnya saja asal merata. Penumpukan produk pada kulit anda akibat aplikasi skincare yang berlebihan juga menjadi pemicu munculnya milia.

  1. Jauhi makanan tinggi kolesterol

Dengan adanya milia pada kulit, anda perlu membatasi konsumsi makanan yang tinggi kolesterol seperti makanan laut serta daging merah. Asupan makanan tersebut juga berpengaruh untuk memperparah kondisi milia anda. Sebaliknya, perbanyak konsumsi makanan sehat tinggi vitamin dan antioksidan seperti sayur mayur serta buah-buahan, dan minum air putih yang cukup.

  1. Pakai gel lidah buaya

Perawatan milia dari luar adalah dengan menggunakan gel lidah buaya yang diaplikasikan langsung pada bagian kulit yang ditumbuhi milia. Oleskan gel bening lidah buaya dua kali dalam sehari, khususnya di malam hari sebelum tidur. Anda bisa menggunakan gel lidah buaya alami maupun yang didistribusikan produsen kosmetik, namun pilihlah produk gel lidah buaya yang paling sedikit campuran bahan lainnya.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge