Khasiat Anyelir untuk Kesehatan

Nama lokal : anyelir. Nama latin : Dianthus superbus dari famili Caryophyllaceae.  Tumbuhan ini sering dibudidayakan sebagai tanaman hias. Tumbuh baik didaerah pegunungan dengan tanah yang subur dan gembur. Bunganya bisa dipanen sepanjang tahun. Berakar serabut warna putih kehitaman, batangnya bulat beruas-ruas setinggi 30-100 cm. Daunnya tunggal, tebal, warna hijau. Bunganya majemuk bentuk malai, mahkota bunga berwarna merah muda, berbau harum. Buah dan bijinya berbentuk elips.

tanaman-anyelir

Tanaman ini tersedia di penjual tanaman hias. Bagian yang digunakan untuk obat :Daun, bunga (segar ataupun kering).

Khasiat anyelir :Daun dan bunganya mengandung alkaloid, dan saponin, selain itu bunganya mengandung minyak atsiri dan flavonoid. Memiliki khasiat anti radang, anti diare, dan penenang, anyelir bisa digunakan untuk mengobati diare, sakit kepala.

Resep sederhana :

  1. Sakit kepala : 10 g bunga anyelir segar dicuci bersih lalu dipotong kecil-kecil, dan direbus dalam 200 ml air selama 10 menit, saring, airnya diminum.
  2. Diare : 60 g daun anyelir segar dicuci bersih, lalu direbus dalam 400 ml air, selama 15 menit, saring, airnya diminum sekaligus, sehari 3 kali.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge