Khasiat Buah Merah Untuk Penyembuhan Penyakit

Tanaman buah merah yang banyak tumbuh di kawasan Papua ini oleh penduduk setempat disebut kuansu, bitam, mongka memyeri, barkum, atau yenngen. Nama latinnya Pandanus conoideus. Nama asingnya red pandan atau red fruit. Tanaman ini termasuk pandan-pandanan dengan tinggi batang 5-8 m. Ditunjang akar yang kokoh. Buahnya relatif besar, panjangnya bisa mencapai 55 cm dengan diameter 10-15 cm, warnanya merah marun, walu ada juga yang berwarna cokelat kekuningan. Oleh masyarakat Papua, buah ini dikonsumsi untuk sehari-hari, misalnya dibakar dengan batu panas (barapen) dan sering dimanfaatkan sebagai obat untuk menjaga stamina tubuh dan mencegah penyakit mata. Orang yang suka makan buah merah pun jarang menderita penyakit degeneratif, seperti diabetes, penyakit jantung, hipertensi, dan kanker. Menurut hasil penelitian, ditemukan bahwa buah merah mengandung antioksidan, beberapa asam amino, serta omega 3 dan omega 9.

khasiat-buah-merah-papua

Buah merah tersedia di kebun pembibitan, balai pembibitan tanaman herbal/ obat. Bagian yang digunakan sebagai obat adalah buahnya.

Khasiat buah merah :Memiliki efek anti inflamasi, antitumor, antiiritasi, antibakteri, dan antistres, buah merah sering digunakan sebagai obat kanker, melancarkan peredaran darah, memperbaiki fungsi hati, menstabilkan gula darah, memperbaiki pencernaan, juga untuk mengobati mengatasi batuk, mengobati luka, menghaluskan kulit, dan menguatkan tubuh.

Resep sederhana :

  1. Batuk : Makan secukupnya buah merah sampai batuk reda.
  2. Kanker : Makan sehari 3 kali @1 sendok makan buah merah.

Menghaluskan kulit/ melindungi kulit dari sinar matahari. Buah merah digiling halus lalu oleskan pada kulit wajah atau tubuh (berfungsi sebagai sunscreen).

loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge