Khasiat Buah Semangka Untuk Kesehatan

khasiat buah semangkaSemua orang mengenal buah semangka  dan Khasiat buah semangka untuk kesehatan tidak diragukan lagi.  Buah Semangka – Seperti yang telah di kenal banyak orang adalah sebagai salah satu buah air yang sebagian dari buahnya berbentuk besar dan memiliki berat berbobot. Warna merah dan kuning biasanya ada pada bagian daging yang terdapat pada buah semangka. Mengkonsumsi buah ini cukup baik apa bila di makan pada siang hari dengan cuaca panas karena kandungan di dalam terdapat 90% air yang dapat memberikan cairan untuk tubuh.

Semangka mengandung 93.4% air, 0.5% protein, 5.3% karbohidrat, 0.1% lemak, 0.2% serat, 0.5% abu dan juga mengandung aneka vitamin seperti A, B dan C. Semangka juga terdiri dari berbagai macam zat asam seperti asam amino asetat, sitrulin, malat, fosfat, arginin, likopen, karoten, betain, bromin, kalium, natrium, silvit, lisin, fruktosa, dekstrosa dan sukrosa.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa untuk mendapatkan buah semangka tidaklah sulit karena terdapat di pasar-pasar moderen dan juga pasar tradisional. Bagi sebagian manusia baik di Negara Indonesia atau pun di seluruh dunia pasti mereka suka dengan buah yang satu ini di karenakan memiliki banyak kandungan air di dalamnya. Sebagai salah satu manfaat penghilang rasa haus atau dahaga ternyata masih ada manfaat lain dari buah semangka dan apa saja manfaat bagi kesehatan tubuh manusia simak penjelasan berikut.

Manfaat dari warna merah pada bagian isi buah semangka ternyata banyak memiliki vitamin di antaranya adalah vitamin C, betakaroten, Serat, kalium, mineral, dan nutrisi yang sangat di butuhkan bagi tubuh manusia. Sediakanlah dari sekarang buah semangka sebagai hidangan penutup makan malam atau makan siang sebagai menu pelengkap. Kesehatan dari tubuh manusia dapat tetap terjaga dengan baik dan tetap sehat dengan adanya nutrisi dan vitamin yang di konsumsi setiap hari. Manfaat dari buah semangka akan di jelaskan lebih luas kali ini sebagai manfaat kesehatan tubuh yang mungkin belum kita ketahui semuanya.

Inilah Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Manusia Sebagai berikut :

1.    Untuk menjaga Mata tetap sehat, hal ini di karenakan dalam buah semangka mengandung betakaroten yang dip roses menjadi Vitamin A. penglihatan manusia dapat bekerja dengan baik apa bila di dalam tubuh manusia tersebut terdapat kandungan Vitamin A yang cukup banyak.

2.    Dapat melindungi tubuh dari Radikal Bebas. Udara kotor, asap rokok, asap kendaraan bermotor dan asap pabrik dapat memicu Radikal Bebas yang dapat mengancam kesehatan tubuh. senyawa karotenoid yang terdapat di dalam buah semangka ternyata dapat menetralisir radikal bebas yang masuk kedalam tubuh manusia.

3.    Mampu membuat jantung lebih sehat. Sumber likopen merupakan kandungan yang berperan penting di dalam buah semangka dan kandungan likopen mampu menjaga kesehatan tubuh seperti kesehatan jantung manusia.

4.    Tingkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Sumber vitamin C yang terdapat di dalam buah semangka ternyata juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Fungsi dari vitamin C untuk kesehatan tubuh manusia adalah sebagai pencegah datangnya penyakit dari cuaca yang tidak menentu dan bahkan pada kondisi cuaca ekstrim.

5.    Dapat mengurangi Lemak yang ada di dalam tubuh. kandungan citruline di dalam buah semangka mampu mengurangi lemak berlebih yang ada di dalam tubuh manusia. Hal ini di karenakan kandungan citruline memberikan efek yang baik untuk pencegahan lemak berlebih.

6.    Menjadikan Organ Ginjal selalu dalam keadaan sehat. Dengan konsumsi buah semangka setiap hari yang bisa anda lakukan akan membantu anda juga untuk membantu meningkatkan aliran urine untuk keluar dengan lancar. Proses kelancaran tersebut dapat memberikan kesehatan untuk Ginjal karena dapat bekerja dengan lancar.

7.    Mampu memperkuat Tulang Tubuh. kalium yang terdapat dalam buah semangka ternyata mampu memperbaiki sel-sel tulang tubuh yang rusak dan membuat kembali lebih kuat. Fungsi dari Kalium sendiri berfungsi dengan baik untuk mempertahakan kalsium dalam tubuh manusia yang mampu menjaga tulang dan sendi-sendi lebih sehat sepanjang waktu.

8.  Dan lain-lain manfaat seperti :

  • mengatasi kencing manis
  • untuk menjegal penyakit diabetes
  • mengatasi sariawan
  • membersihkan ginjal
  • atasi gangguan buang air
  • menurunkan demam
  • anti kanker
  • tingkatkan daya ingat
  • atasi rambut rontok
  • atasi jerawat, kudis dan biang keringat
  • kandungan senyawa aktif kukurbositirin pada biji semangka dapat memacu kerja ginjal dan menjaga tekanan darah tetap normal.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge