Khasiat Daun Sambiloto untuk Kesehatan Anda

daun sambilotoSalah satu jenis tumbuhan yang harus anda masukkan kedalam daftar tumbuhan di apotek hidup anda adalah tumbuhan sambiloto. Tumbuhan ini memiliki banyak khasiat yang bisa digunakan untuk penyakit ringan dan juga penyakit berat. Tumbuhan sambiloto adalah tumbuhan yang berasal dari India dan Sri Lanka tapi juga hidup di beberapa negara asia seperti di Thailand dan Indonesia. Daun sambiloto juga bisa hidup di tempat-tempat tertentu di Amerika. Anda bisa menanam daun sambiloto dengan mudah di apotek hidup anda karena tumbuhan sambiloto termasuk tumbuhan liar yang bisa hidup dengan mudah. Sehingga tidak perawatan khusus untuk anda bisa menumbuhkan tanaman ini di apotek hidup anda.

Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan ramuan dari tanaman sambiloto diantaranya adalah tiroid, disentri, diare, radang saluran napas, radang paru-paru, flu, demam, sakit kepala, TB paru, batuk rejan, radang mulut, darang tinggi, tonsilitis, hidung berlendir, infeksi telinga, sakit gigi dan kencing manis. Daun sambiloto bisa mengobati dari penyakit ringan sehari-hari sampai penyakit berat dan berbahaya, itulah kenapa tanaman ini harus ada di apotek hidup anda.

Khasiat daun sambiloto yang pertama adalah untuk menyambuhkan tiroid, cara pengolahan ramuannya yaitu dengan merebus 10 – 15 lembar daun sambiloto dengan 2 gelas air hingga menjadi 1 gelas air. Tambahkan madu untuk menambah rasa dan konsumsi sebanyak 3X dalam 1 hari. Sedangkan untuk mengobati diare, radang saluran napas dan radang paru, anda disarankan merebus 9 – 15 gram daun sambiloto kering dengan 3 gelas air hingga menjadi setengahnya. Setelah itu, bagi menjadi tiga porsi dan konsumsi sehari tiga kali untuk hasil yang makimal. Anda juga bisa menambahkan madu untuk menambah rasa.

Penyakit lain yang bisa disembuhkan oleh daun sambiloto adalah disentri. Untuk membuat ramuan daun sambiloto untuk mengobati disentri, campurkan air perasan dari 500 gram herba krokot yang ssebelumnya di uapkan lalu ditumbuk dengan 10 gram daun sambiloto kering. Aduk hingga merata dan bagi menjadi tiga porsi agar anda bisa mengonsumsinya sebanyak 3X dalam 1 hari.

Selanjutnya, anda juga bisa mengobati penyakit yang mungkin timbul karena cuaca tidak menentu dan juga kelelahan, yaitu influenza, sakit kepala dan demam. Cara pengolahan ramuannya juga sangat sederhana, yaitu anda tinggal menumbuk 1 genggam daun sambiloto kemudian mencampurnya dengan ½ gelas air. Peras airnya kemudian minum sekaligus. Ampas daunnya juga bisa anda gunakan sebagai tapal badan untuk menurunkan suhu bada. Anda juga bisa menyeduh bubuk sambiloto yang banyak tersedia di toko obat dan mengonsumsinya 3 – 4 kali sehari tergantung tingkat keparahan penyakit anda.

 Untuk menyembuhkan TB paru, anda bisa menjadikan daun sambiloto sebagai pil yaitu dengan menumbuknya dan campurkan dengan madu sesuai selera anda.Kemudian jadikan pil dengan diameter sekitar 0,5 cm dan minum sebanyak 2 -3 kali sehari dengan jumlah 1 – 20 pil setiap kali minum. Untuk mengobati batuk rejan, campurkan 5 – 7 lembar daun sambiloto dengan ½ gelas air panas, tambahkan madu sesuai selera kemudian minum sekaligus. Disarankan untuk mengonsumsinya sebanyak 3X sehari. Untuk mengobati sakit gigi, hidung berlendir dan infeksi telinga (penyakit THT), rebus 9 – 15 gram herba sambiloto segar dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum 2X sehari. Untuk kencing manis, rebus ½ genggam sambiloto dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 ¼ gelas dan minum 2X sehari.



One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge