Khasiat Kayu Kuning Mengatasi Sakit Kuning

kayu-kuning

Tanaman kayu kuning memiliki nama latin : Arcangelisia flava, dari famili Menispermaceae. Nama lokalnya : oyot sirawan, sirawan kunyit (Jawa), reuki koneng (Sunda), waribulan, walbulan (Maluku), gumi modoku, mololeya gumini (Halmahera).

Terna menahun dan memanjat ini panjangnya bisa mencapai 20 m. Batangnya yang membelit kasar merupakan kayu bulat warna cokelat. Daunnya tunggal berbentuk lonjong meruncing dengan permukaan mengkilap warna hijau. Bunganya majemuk, tumbuh di ketiak daun berbentuk malai warna kuning. Buahnya bulat, berbulu, warna hijau. Bijinya bulat warna cokelat. Tanaman ini tumbuh baik di kawasan pantai atau di ketinggian 100-800 m diatas pemukaan laut.

Kayu kuning tersedia di balai pembibitan tanaman obat dan bagian yang digunakan untuk obat adalah daun dan batang (segar ataupun kering).

Khasiat kayu kuning : Mengandung flavonoid, tanin dan saponin, herba ini sering dimanfaatkan untuk mengobati sariawan, penyakit kuning dan cacingan.

Resep herbal sederhana :

  1. Sakit kuning : 30 g batang kayu kuning dibersihkan lalu direbus dengan 400 ml air sampai tersisa 200 ml, saring, airnya diminum sekaligus. Lakukan sehari 3 kali.
  2. Cacingan : 20 g daun dan batang segar dicuci lalu direbus dengan 200 ml air selama 15 menit, saring, airnya diminum sekaligus.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge