Khasiat Kedelai Mengobati Rematik dan Diabetes

Tanaman Kedelai memiliki nama lokal dele, dangsul, dekeman (Jawa), kacang jepun, kacang jepun, kacang bulu (Sunda), retak menjong (Lampung), kadale (Makassar), kacang rimang (Minangkabau). Nama latinnya Glycine max atau Glycine soja, dari famili Fabaceae. Nama asing, soybean.

tanaman-kedelai

Kedelai paling baik tumbuh di persawahan atau ladang pada tanah dibawah 500 m diatas permukaan laut. Tanaman berbatang kecil setinggi 75 cm biasanya ditanam diantara musim kemarau dan musim hujan. Daunnya bulat telur dengan ujung meruncing. Buahnya polong berisi biji-biji. Kulit batang maupun kulit buah memiliki bulu-bulu warna cokelat. Menurut varietasnya kedelai ada yang berwarna putih dan ada pula yang berwarna hitam. Kedelai sudah dibudidayakan pada tahun 1500 SM dan masuk ke Indonesia pada tahun 1750.

Keledai tersedia di : Pasar tradisional, pasar swalayan. Bagian yang digunakan sebagai obat adalah bijinya.

Khasiat kedelai :Biji kedelai mengandung protein, kalsium, fosfor, besi, vitamin A dan B1 serta lemak dan karbohidrat. Sering dimanfaatkan sebagai obat rematik, diabetes melitus dan sakit ginjal.

Resep herbal sederhana :

  1. Rematik : 1 sdm kedelai, 1 sdm kacang hijau, 2 sdm kacang tanah, disangrai lalu ditumbuk halus. Untuk dimakan sehari 2 kali @1 sdt.
  2. Diabetes, sakit ginjal : 3 sdm kedelai, direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas, saring dan airnya diminum sehari 1 kali @1 gelas.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge