Khasiat Leunca Mengatasi Masalah Kesehatan

khasiat-leunca

Tanaman ini memiliki nama lokal : leunca ayam, leunca manuk (Jawa), rampai, ranti (Sumatera), anti, bose, bobose (Maluku), long kui (China). Nama latin : Solanum ningrum, dari famili Soalanaceae.

Tanaman leunca menyukai habitat yang cukup sinar matahari dan air, di dataran rendah maupun dataran tinggi. Tinggi tanaman 30-175 cm dengan banyak cabang. Daunnya bulat telur dengan ujung meruncing. Bunganya malai dengan jumlah 2-10 kuntum warna putih dan ungu. Buahnya berbentuk bulat berwarna hijau yang berubah warna menjadi ungu kehitaman. Buahnya berasa pahit, yang masih muda sering dimasak sebagai lalapan. Pembiakan dengan biji.

Leunca tersedia di pasar tradisional, kebun pembibitan. Adapun bagian yang digunakan sebagai obat adalah seluruh bagian tanaman.

Khasiat leunca : Memiliki efek antiradang, diuretik, antiswelling, peluruh dahak, pereda batuk, pereda gatal dan penurun panas. Sering digunakan sebagai obat disentri, demam, kejang pada anak, radang tenggorokan, bronkhitis, asma, radang ginjal, keputihan, mata kering, darah tinggi, kanker payudara, mulut rahim, gatal-gatal (biduran), eksim, bisul, gigitan serangga. Tanaman ini sudah dibuat dalam bentuk kapsul atau obat suntik.

Resep sederhana :

  1. Bisul, eksim, gigitan serangga : 10-30 g tanaman segar digiling halus lalu ditempelkan pada bagian yang sakit. Atau, tanaman direbus, airnya untuk mencuci luka.
  2. Biduran : Seluruh tanaman dihancurkan lalu dioleskan atau digosokkan pada biduran, lakukan beberapa kali dalam sehari.
  3. Disentri : 50-60 g daun direbus bersama gula secukupnya, saring dan airnya diminum.
  4. Keputihan : 30 g leunca dan 30 g bunga jengger ayam direbus, saring, airnya diminum.
  5. Mata kering : 10 buah leunca yang masak setelah dicuci dimakan sebagai lalapan. Lakukan sehari 3 kali.
  6. Kanker : Biasanya dilakukan penyuntikan, sebaiknya dengan dokter ahli.
loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge