Khasiat Tanaman Amis Amisan untuk Kesehatan

Nama lokal tanaman ini : amis-amisan (Jawa Tengah).Nama latin : Houttuynia cordata, famili Saururaceae. Tumbuhan liar yang hidup di tepi sungai, rawa-rawa, atau hutan-hutan basah, pada ketinggian 100-900 m diatas permukaan laut. Dapat tumbuh pada berbagai jenis tanah, dari yang berpasir sampai tanah liat yang basah. Berbunga pada bulan Juni-September. Terna menahun ini tumbuh tegak atau merayap, dengan akar serabut. Batangnya bulat bergerigi beruas-ruas, menempel pada tanah. Daunnya tunggal bentuk segitiga warna hijau. Bunganya tunggal dengan mahkota 4 helai warna putih. Buahnya bulat telur, bijinya bulat kecil. Tanaman ini tersedia di balai pembibitan tanaman obat.

tanaman-amis-amisan

Bagian yang digunakan untuk obat :Daun, seluruh bagian tanaman (segar ataupun kering).

Khasiat amis-amisan :Antiradang dan antibakteri, tanaman ini mengandung saponin, kardenolin, dan polifenol, bisa dimanfaatkan untuk mengobati influenza dan asma.

Resep herbal sederhana untuk :

  1. Influenza : 30 g daun segar dicuci bersih, lalu direbus dengan 400 ml air sampai tinggal 200 ml, saring, airnya diminum, sehari 2 kali, pagi dan sore.
  2. Asma : 30 g tanaman segar dicuci, lau direbus dengan 400 ml air selama 15 menit, saring, airnya diminum sekaligus. Lakukan sehari 2 kali.



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge