Khasiat Tanaman Anggrek Tanah

Tanaman ini memiliki nama lokal : anggrek tanah. Nama latin : Phaius tankerviluae, dari famili Orchidaceae. Menyukai tanah yang lembab, tumbuhan ini aslinya hidup liar, tapi sering juga dibudidayakan sebagai tanaman hias. Terna menahun ini tingginya 50-100 cm. Batangnya semu, berupa pelepah yang saling melekat. Daunnya tunggal, bentuk lanset, panjang meruncing. Bunganya majemuk, warna kuning kecokelatan. Buahnya bentuk kapsul warna hijau dan bijinya bulat, kecil, warna cokelat.

tanaman-anggrek-tanah

Tanaman anggrek tanah tersedia di : Penjual tanaman hias. Bagian yang digunakan untuk obat :Umbi (segar ataupun kering).

Khasiat anggrek tanah :Mengandung antrakinon, saponin, dan polifenol, serta berkhasiat memperlancar peredaran darah, anggrek tanah bisa dimanfaatkan untuk obat batuk dan kulit bengkak.

Resep sederhana :

  1. Batuk : 30 g umbi segar dicuci, lalu direbus dengan 1 gelas air sampai tersisa ½ gelas, saring, airnya diminum sekaligus.
  2. Kulit bengkak : 30 g umbi segar dicuci, ditumbuk halus, lalu bubuhkan pada bagian yang sakit, dan diikat dengan perban.

 



One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge